Ada tiga lokasi yang akan dikunjungi Wapres

Pariaman – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin dijadwalkan mengikuti tiga kegiatan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (6/4), yaitu meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19, meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, dan penanaman pohon di pantai.

"Ada tiga lokasi yang akan dikunjungi dan mudah-mudahan ketiga kegiatan ini lancar," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar, usai rapat persiapan kegiatan tersebut dengan pihak terkait, di Pariaman, Minggu malam.

Ia menyebutkan lokasi tiga kegiatan tersebut, yaitu pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan, lalu meresmikan Pasar Rakyat Pariaman di Kecamatan Pariaman Tengah sekaligus peninjauan ke kios pedagang.

Kegiatan selanjutnya yaitu penanaman ratusan jenis pohon di nya pinago dan ketapang laut di Pantai Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan guna mengurangi dampak abrasi pantai dan tsunami.

"Penanaman pohon ini diprakarsai oleh BNPB, dan ada sekitar 200 batang pohon yang akan ditanam pada hari itu," katanya lagi.

Ia mengatakan kedatangan Wapres ke Pariaman dapat menjadi motivasi bahwa Indonesia dapat dibangun dengan partisipasi banyak pihak, sehingga negara ini dapat maju ke depan.

Dia menyampaikan bahwa bangunan Pasar Rakyat Pariaman hasil revitalisasi yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, telah membantu meningkatkan pendapatan pedagang di pasar tersebut.

Kunjungan Wapres tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, sehingga jumlah orang yang datang dibatasi guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, peresmian Pasar Rakyat Pariaman Kota Pariaman, Sumbar yang rencananya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo diundur menjadi 6 April 2021.

"Berdasarkan info dari Kementerian Sekretariat Negara, kedatangan Bapak Presiden RI Joko Widodo diundur jadi 6 April 2021," kata Pejabat Sekretaris Daerah Kota Pariaman Ahmad Zakri, di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan informasi tersebut diperoleh setelah dirinya mengikuti rapat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar serta dirinya mendapat pesan langsung dari Protokol Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Ia menyampaikan dalam beberapa hari ke depan tim dari Istana akan ke Pariaman guna melaksanakan berbagai persiapan dan penyisiran di lokasi peresmian pasar.

"Jika presiden berhalangan maka akan diwakilkan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin," katanya pula.
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin dorong percepatan vaksinasi
Baca juga: Gubernur harapkan dukungan pemerintah pusat kembangkan bandara Kalteng