Tim medis Kodam XIII/Merdeka memeriksa seluruh pengungsi, membagikan masker, dan melaksanakan mobilisasi di area-area pengungsian.

Jakarta –

TNI Angkatan Darat memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi korban bencana banjir dan tanah longsor di di Manado, Sulawesi Utara.
 
Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr. Ponco Darmono dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, mengatakan bantuan tersebut atas perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.
 
"Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka melaksanakan kegiatan sosial, seperti pengasapan, mendirikan dapur lapangan, serta posko kesehatan untuk pengobatan gratis untuk seluruh korban bencana," katanya.
 
Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI Angkatan Darat kepada masyarakat yang terdampak bencana agar dampak bencana cepat berlalu dan pulih seperti sediakala.
 
Bencana yang terjadi di Manado pada tanggal 16 dan 22 Januari 2021 sangat berdampak bagi seluruh masyarakat karena kerugian materiil setiap korban serta tidak adanya fasilitas publik yang dapat digunakan.

Baca juga: Kasad bantu pengobatan dan beri pekerjaan penderita fistula ani

 
Kakesdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa Kodam XIII/Merdeka melakukan tindakan preventif maupun kuratif untuk memberikan bantuan kepada korban pascabencana.
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya memeriksa seluruh pengungsi, membagikan masker, dan melaksanakan mobilisasi di area-area pengungsian.

"Untuk tindakan kuratifnya, kami mendirikan pos pengobatan yang didukung oleh 4 dokter, 8 perawat, dan 3 tenaga farmasi, serta 3 tenaga untuk mobilisasi,” katanya.

 
Ponco Darmono mengatakan bahwa tim medis Kodam XIII/Merdeka juga melakukan pemeriksaan kepada balita bernama Aron yang menderita hidrosefalus.
 
"Saat ini telah dilakukan pengobatan dan diberikan makanan tambahan, kemudian akan dilakukan edukasi kepada orang tua untuk nantinya segera dibawa ke rumah sakit agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh,” kata dr. Ponco.

Baca juga: Kasad: TNI AD bantu pemprov penanganan pasien COVID-19

 
Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan bantuan tersebut merupakan upaya membantu pemerintah dan masyarakat untuk pemulihan pascabanjir.
 
"Kegiatan yang dilakukan oleh Kodam XIII/Merdeka merupakan upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat Kota Manado yang terdampak banjir dan tanah longsor," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.
 
Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya karena TNI Angkatan Darat ikut turun membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya pemulihan daerah dan korban pascabencana.