Olly-Steven perkasa di enam segmen pemilih penting

Manado – Hasil terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan potensi kemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODKS) berada di atas 60 persen.

Direktur KCI (Konsultan Citra Indonesia) LSI Adjie Al Faraby, di Manado, Rabu, mengungkapkan elektabilitas paslon nomor tiga di Pilkada Sulut (Olly-Steven) yang disurvei 19-25 November 2020 berada jauh di atas dua paslon lainnya, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan), dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry/VAP-HR).

Survei LSI menyebut elektabiltas Olly-Steven mencapai di atas 65 persen, meninggalkan pesaingnya CEP-Sehan yang berkutat di posisi kedua (26,2 persen), dan VAP-HR (5,5 persen) di urutan ketiga.

Selisih sekitar 40-an persen dari pesaing terdekat yakni CEP-Sehan menunjukkan kecenderungan bahwa paslon petahana terus naik pamornya sejak dua survei terakhir lalu, hingga yang ketiga ini dan tak terkejar.

Tak berlebihan jika jelang seminggu hari pencoblosan nanti, Olly-Steven tak akan menemui kesulitan untuk kembali terpilih sebagai duet top eksekutif di Sulut periode 2021-2026.

Hegemoni Olly-Steven ini dari pemaparan hasil survei LSI, mencakup keunggulan pada banyak aspek di mata responden.

LSI menegaskan, Olly-Steven perkasa di enam segmen pemilih penting.

"Semua aspek yang menjadi pertimbangan (variabel) pemilih dalam memilih diungguli Olly-Steven. Sulit sekali dan hampir mustahil kompetitor untuk mengejar petahana," ujar Faraby.

Dalam survei ini, LSI Denny JA menggunakan multistage random sampling dengan 800 responden dengan 'margin error' kurang lebih 3,5 persen, kata Faraby.
Baca juga: Personel Polda Sulut lakukan pengamanan TPS jalani tes cepat
Baca juga: Pemprov Sulut-KPU-DKPP simulasi pemungutan dan penghitungan suara