Pekanbaru – KPUD Riau menyebutkan surat suara Plikada serentak 2020 setempat untuk pertama kalinya tiba di wilayah terluar dan terjauh yakni di Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu.

Ada sebanyak 144.892 lembar surat dan 73 kotak suara yang dikirim. Total surat suara yang dicetak itu sesuai dengan jumlah DPT Kepulauan Meranti yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 139.524 lembar ditambah 2,5 persen

"Surat suara dan logistik lainnya sudah diterima KPU Kabupaten Kepulauan Meranti untuk disimpan pada gudang yang sudah disewa," kata anggota KPUD  Riau, Nugroho Noto Susanto, di Pekanbaru, Sabtu.

Baca juga: KPU Kabupaten Ngawi mulai terima logistik Pilkada 2020

Ia menyatakan, surat suara ini adalah pengiriman pertama sejak dikirim dari perusahaan percetakan di Nganjuk, Jawa Timur, bersama surat suara untuk KPUD Kabupaten Bengkalis dan KPUD Dumai sejak diberangkatkan pada 10 November 2020 lalu.

Susanto mengatakan dalam proses distribusi logistik kepemiluan diprioritaskan bagi wilayah terjauh lebih dahulu guna mengantisipasi adanya kendala alam dan transportasi yang mengganggu agar bisa ada rentang waktu untuk proses pengiriman.

"Kita bersyukur surat suara dan beberapa logistik lainnya seperti spidol besar dan kecil, karet, plastik besar dan kecil, lem kertas, paku, plastik kartu nama tiba dengan selamat tanpa kendala apapun," kata dia.

Baca juga: 300 relawan pelipat suara dikerahkan KPUD Cianjur

Selanjutnya, kata dia, surat suara akan tiba di kabupaten/kota lainnya di Riau yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak secara bertahap.

"Untuk surat suara Bengkalis dan Dumai diperkirakan sampai hari ini juga menjelang sore," kata dia.

Sedangkan untuk surat suara KPU kabupaten/kota berikutnya, yaitu KPUD Indragiri Hulu, KPUD Siak, dan KPUD Rokan Hulu telah diberangkatkan dari percetakan di Gresik, Jawa Timur, pada Jumat (13/11). Kemudian disusul surat suara untuk KPU Rokan Hilir dan KPUD Pelalawan sudah diberangkatkan dari percetakan di Nganjuk, Jawa Timur terhitung, Sabtu (14/11).

"Tinggal menyisakan untuk KPUD Kuansing yang masih proses cetak di Gresik. Diperkirakan Senin (16/11) sudah dikirim," katanya.

Baca juga: Sudah salurkan kotak suara, KPU Jambi bersiap salurkan surat suara