Jakarta – Selama sepekan (25 Januari-30 Januari 2021) berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita mulai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri hingga vaksinasi COVID-19 kedua untuk Presiden Jokowi.

Berikut rangkuman berita politik selama sepekan yang layak disimak pagi ini.

1. Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia sekaligus menaikkan pangkatnya menjadi Jenderal Polisi di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi dapatkan vaksinasi COVID-19 kedua

Presiden Joko Widodo mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu.

Selengkapnya di sini

3. Komisi III DPR pertanyakan makalah calon hakim agung diduga plagiat

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan makalah yang disampaikan calon Hakim Agung Triyono Martanto saat uji kompetensi calon hakim agung dan hakim ad hoc pada Mahkamah Agung karena diduga plagiat.

Selengkapnya di sini

4. Komisi II jelaskan larangan eks-HTI ikut pemilu

Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin menjelaskan argumen adanya klausul dalam RUU Pemilu terkait eks-anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dilarang ikut dalam kontestasi Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pilkada, salah satunya organisasi tersebut tidak sejalan dengan konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Selengkapnya di sini

5. Prabowo Subianto kenang Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar

Jenderal TNI (Purn.) Wismoyo Arismunandar telah berpulang selamanya di Jakarta, Kamis dini hari ini, di RS Pondok Indah, dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, memberi kenangan kepada seniornya yang pernah menjadi Kepala Staf TNI AD itu.

Selengkapnya di sini