Jakarta –
Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, sebagai organisasi relawan pendukung Jokowi menjadi presiden, mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo terkait vaksinasi COVID-19 gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sekjen Seknas Jokowi Dedy Mawardi, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu malam, menyatakan keputusan tersebut menunjukkan komitmen Presiden Jokowi dalam memprioritaskan keselamatan rakyat.

Baca juga: Presiden: Vaksin COVID-19 gratis untuk masyarakat

"Keputusan vaksin gratis itu menunjukkan komitmen Presiden Jokowi untuk mendahulukan keselamatan rakyat. Seknas Jokowi akan terus memberikan dukungan penuh terhadap program vaksinasi dan pemulihan ekonomi rakyat dan negara,” ujar Dedy.

Presiden Jokowi pada Rabu (16/12/2020) telah mengumumkan bahwa vaksinasi COVID-19 akan diberikan gratis tanpa biaya apapun kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi juga menegaskan akan menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksinasi tersebut untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Baca juga: Presiden tegaskan akan jadi penerima pertama vaksinasi COVID-19

Seknas Jokowi menilai keputusan ini adalah keputusan yang sangat dinantikan masyarakat. Dedy mengatakan seluruh pengurus Seknas Jokowi akan ikut bergotong royong untuk membantu tenaga medis, pemerintah, dan aparat keamanan untuk memastikan vaksinasi nanti dapat berjalan dengan aman dan tepat sasaran di masyarakat.

Terkait vaksinasi, Seknas Jokowi berpendapat perlunya memprioritaskan vaksinasi kepada tenaga kesehatan dan medis serta kelompok masyarakat yang menjadi garda terdepan dalam proses pemulihan ekonomi seperti karyawan pabrik, pedagang pasar, pelayan toko, pelayan mal dan restoran, pelaku UMKM serta kelompok rentan.

Baca juga: Pemerintah realokasi anggaran untuk sediakan vaksin COVID-19 gratis

Selain itu, vaksinasi harus pasti keamanannya, mutu terjamin dan efektif untuk diterima masyarakat.

"Seknas Jokowi siap berdiri di baris kedua setelah Presiden Jokowi divaksin pertama untuk meyakinkan masyarakat bahwa COVID-19 dapat diatasi bersama-sama,” kata Dedy.