Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menilai masyarakat pada umumnya telah membangun ketahanan sosial dalam menghadapi bencana non-alam pandemi COVID-19.

"Bagi kita, bangsa dan negara Indonesia, semangat kegotong royongan kita, kerja bersama semua anak bangsa, pemerintah pusat, pemerintah daerah, tenaga kesehatan, TNI, Polri, BUMN, swasta, relawan, maupun rakyat pada umumnya, telah membangun ketahanan sosial kita dalam menghadapi bencana non alam pandemi COVID-19," kata Puan dalam Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan terdapat lebih dari 200 negara yang juga mengalami permasalahan pandemi COVID-19 beserta dampaknya.

Baca juga: Puan sampaikan capaian legislasi DPR

Menurut dia, belum ada suatu formula yang dapat menangani pandemi COVID-19 secara efektif, semua negara berbagi pengalaman terbaik dalam mengatasi pandemi dan dampaknya.

"Kita semua telah bekerja keras, bergotong royong, untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan menanggulangi dampaknya pada kehidupan rakyat, baik di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi," ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah telah dan terus melakukan berbagai upaya yang terbaik dalam menanggulangi pandemi dan dampaknya dengan memprioritaskan penanganan bidang kesehatan dan tetap memperhatikan perekonomian nasional.

Baca juga: Rapat Paripurna DPR setujui RUU Ciptaker menjadi UU

Dia mengatakan pemerintah berusaha menjaga keseimbangan aspek kesehatan dan ekonomi dan kedepannya semua pihak dengan kewenangan dan tanggung jawab yang dimilikinya, agar terus meningkatkan upaya-upaya terbaik dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan dampaknya.

Puan mengatakan DPR RI pada Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 dalam situasi pandemi COVID-19 tetap menjalankan tugas konstitusionalnya secara optimal melalui fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Baca juga: DPR: TNI harus terus jaga integritas dan profesionalitas