Hendy-Gus Firjaun bakal berhadapan dengan petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto pada Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Jember 2020.

Jember, Jawa Timur – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jember resmi mengusung pasangan Hendy Siswanto-Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember 2020.

"Alhamdulillah, rekomendasi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati dari PKS sudah turun, yakni pasangan Hendy-Gus Firjaun," kata Ketua DPD PKS Jember Ahmad Rusdan saat dihubungi via telepon di Jember, Minggu.

Rekomendasi dukungan PKS kepada Hendy-Gus Firjaun dilampirkan melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh Presiden DPP PKS Mohamad Sohibul Iman dan Sekjen PKS Mustafa Kamal pada tanggal 21 Agustus 2020.

Baca juga: 11 partai politik sepakat lawan Faida di Pilkada Jember

"Penyerahan rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan kepada Hendy-Gus Firjaun di Surabaya pada hari Sabtu (29/8)," tuturnya.

Selain PKS, pasangan Hendy-Gus Firjaun juga resmi mendapat surat rekomendasi dari Partai Demokrat. Sinyal dukungan lainnya dari Partai NasDem yang memberikan kartu tanda anggota (KTA) beberapa waktu lalu.

PKS memiliki enam kursi dan Partai Demokrat memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Jember, sedangkan syarat partai politik untuk mengusung pasangan calon bupati/wakil bupati di Pilbup Jember minimal harus memiliki 10 kursi di Kabupaten DPRD Jember.

DPD PKS Jember memberikan rekomendasi kepada pasangan Hendy-Gus Firjaun karena memiliki elektabilitas yang cukup tinggi dengan latar belakang Hendy punya pengalaman mengelola birokrasi.

Sementara itu, pasangannya, Gus Firjaun, merupakan kiai muda yang juga putra mantan Rais Aam PBNU almarhum K.H. Achmad Shiddiq.

Baca juga: Petahana siap daftar Pilkada Jember lewat jalur perseorangan

Sebelumnya Hendy Siswanto menargetkan bisa berhadapan langsung (head to head) dengan petahana Faida yang menggandeng Dwi Arya Nugraha Oktavianto dengan menggunakan jalur perseorangan untuk maju Pilkada Jember.

Hendy mengaku pihaknya terus berkomunikasi dengan semua parpol di DPRD Kabupaten Jember agar bisa head to head dengan petahana di Pilkada Jember.