Manado – Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Kolonel Penerbang Abram Tumanduk, mengatakan, pembinaan potensi dirg bertujuan membantu pemerintah mewujudkan komponen cadangan dan komponen pendukung matra dirg.

“Pembinaan ini meliputi bidang sumber daya manusia, sumber daya alam atau buatan, serta sarana prasarana dan minat dirg untuk dikembangkan menjadi komponen cadangan dan pendukung matra udara,” kata Tumamduk, pada kegiatan pengawasan dan evaluasi serta sosialisasi potensi dirg di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi, di Manado. Rabu.

Ia mengatakan, Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi merupakan pangkalan udara di bawah Komando Operasi TNI AU II yang salah satu tugas pokoknya membina potensi kedirgan di wilayah tugasnya.

Baca juga: TNI AU terus gali dan bina potensi dirg pada setiap daerah

Asisten Potensi Dirg Kepala Staf TNI AU, Marsekal Muda TNI Kusworo, dalam sambutannya dibacakan Paban VI Taswilud Spotdirga, Kolonel Pasukan Rolland DG Waha, mengatakan, personel TNI AU sebagai komponen utama dari kekuatan matra udara TNI selain menguasai penugasan bidang profesi juga diharapkan memiliki kemampuan teritorial aspek dirg.

Dengan demikian satuan pelaksana TNI AU dapat memanfaatkan potensi dirg yang ada di wilayahnya, guna mewujudkan kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam manajemen pembinaan potensi dirg.

Baca juga: Sultan : "JAS" potensi baru pengembangan pariwisata DIY

Sehingga, kegiatan pembinaan potensi dirg seluruh satuan kerja di jajaran TNI AU dapat berjalan secara maksimal. maka, dipandang perlu untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi serta sosialisasi pembinaan kemampuan potensi dirg.

"Kegiatan pengawasan dan evaluasi dan sosialisasi potensi dirg diharapakan menjadi sarana komunikasi, bertukar pikiran, dan saling memberi masukan baik antar satuan maupun dengan Spotdirga selaku eselon pembantu pimpinan di tingkat Markas Besar TNI AU," katanya