Jakarta –

DPP PDI Perjuangan akan menyiapkan protokol kesehatan COVID-19 terkait pelaksanaan kampanye Pilkada serentak Tahun 2020.
 
"Jadi kami kan punya disiplin. Kadang-kadang ada euforia mencalonkan, lalu atraksi kebudayaan. Maka kami mengingatkan, kami membuat protokol terkait dengan kampanye yang mematuhi COVID," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai pembukaan sekolah partai gelombang III PDIP yang dilaksanakan secara virtual, di Jakarta, Minggu.
 
Hal itu sebagai tindak lanjut atas evaluasi tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2020 dimana banyak laporan dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.
 
Hasto memastikan pihaknya langsung menegur pasangan calon maupun pengurus daerah yang tidak memenuhi etika dan protokol Covid yang diduga melanggar protokol.
 
Bahkan calon kepala daerah yang diusung juga langsung dikomunikasikan oleh pengurus daerah.
 
"Partai punya disiplin, tapi kemudian kan juga mereka melakukan langkah perbaikan. Sekarang sangat ketat. Terbukti pada saat pengumuman calon pun itu, seluruh ketentuan protokol COVID dijalankan," katanya.
 
PDIP memiliki sistem kontrol yang kuat akibat struktur partai yang berada hingga tingkat Akar Rumput. Sehingga ketika ada kerumunan yang tak sejalan protokol COVID, langsung ada yang memperingatkan secara proaktif.
 
Dan semuanya bermuara kepada ajaran soal kedisiplinan yang selalu diamanahkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Oleh partainya, disiplin diajarkan dari hal kecil seperti tak boleh membuang sampah sembarangan hingga disiplin berlalu lintas.
 
"Itu nampaknya sederhana tapi ini mengandung suatu kesadaran untuk berkomitmen pada rule of the game. Ini menjadi disiplin nasional, disiplin total, itu yang harus dilakukan," urai Hasto.
 
Bagi PDIP, menghadapi pandemi COVID-19, akar masalahnya adalah soal bagaimana kedisiplinan bisa ditegakkan. Maka itulah kepada Pemerintah Daerah, sebaiknya seluruh elemen birokrasi dan pemerintahan, untuk mensosialisasikan disiplin total protokol covid.
 
"Itu yang penting dilakukan," ujarnya.

Baca juga: PDIP DKI tegaskan bantuan COVID-19 untuk kemanusiaan

Baca juga: Anggota DPR: Ajakan Presiden 'berdamai' dengan COVID-19 bukan menyerah

Baca juga: DPP PDIP sarankan kedepankan gotong royong hadapi pandemi COVID-19

Baca juga: Megawati instruksikan calon kepala daerah patuhi kebijakan Covid-19