Jakarta – Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menilai Kabupaten Lombok Utara bisa menjadi daerah berkembang dan maju karena memiliki berbagai potensi namun harus ditopang dengan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni.

"Kabupaten Lombok Utara bisa berkembang dan maju, namun harus ditopang dengan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni. Syarat menjadikan daerah Lombok Utara berkembang dan maju adalah masyarakatnya harus menjadi manusia yang unggul dan mumpuni,” kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Jazilul Fawaid usai menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Lombok Utara, Selasa (3/11). Sosialisasi Empat Pilar MPR ini dihadiri Bupati pertama Lombok Utara (periode 2010 – 2015) H. Johan Sjamsu.

Jazilul menilai untuk mengejar ketertinggalan di Lombok Utara, pemerintah daerah perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui pendidikan.

"Apabila dalam satu keluarga tidak mendapatkan pendidikan atau tidak bersekolah sulit untuk maju. Syarat untuk maju adalah masyarakat Lombok Utara harus menjadi manusia yang unggul,” ujarnya.

Jazilul Fawaid yang biasa disapa Gus Jazil itu meyakini Lombok Utara bisa menjadi daerah maju karena memiliki berbagai potensi sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya di NTB.

Karena itu menurut dia, SDM harus diperbaiki dan ditingkatkan menjadi unggul dan mumpuni, kalau tidak, masyarakat Lombok Utara hanya menjadi penonton.

Gus Jazil juga mengingatkan pemimpin Kabupaten Lombok Utara untuk mengutamakan peningkatan sumber daya manusia.

Dia mengatakan, Kabupaten Lombok Utara akan memilih pemimpin baru pada Pilkada Serentak sehingga diharapkan kepemimpinan di wilayah itu bisa membuktikan dan membawa daerah Lombok Utara keluar dari status daerah tertingggal.

"Ini sudah 13 tahun sejak pemekaran dan juga menjadi tantangan bagi pemimpin di Kabupaten Lombok Utara, termasuk juga tantangan bagi masyarakatnya. Pemimpin yang baru nanti harus bisa memberi kepastian kepada masyarakat Lombok Utara bahwa lima tahun ke depan Lombok Utara menjadi daerah berkembang dan maju," katanya.

Menurut dia, membangun wilayah atau kabupaten bukan hanya tanggungjawab pejabat bupati dan pemerintah, tetapi juga masyarakat karena tanpa keterlibatan masyarakat, tidak mungkin Lombok Utara bisa menjadi daerah maju.

Baca juga: MPR: Empat konsensus kebangsaan jawab berbagai tantangan bangsa

Baca juga: Taufik Basari: Generasi muda harus jadi agen keutuhan NKRI

Baca juga: Syarief: Memahami Empat Pilar yang baik munculkan generasi muda unggul

Baca juga: Ketua MPR tegaskan Pancasila persatukan bangsa