Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima penghargaan Badan Pusat Statistik (BPS) Awards 2020 sebagai mitra terbaik kategori kementerian atau lembaga, atas kontribusi dan peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan kompetensi SDM di BPS.

Siaran pers LAN yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan penghargaan tersebut diterima Sekretaris Utama LAN Reni Suzana MPPM yang disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Hukum BPS Endang Retno Sri Subiyandani di Graha Makarti Bhakti Nagari, Kantor LAN Pejompongan, Senin (28/9).

Dalam sambutannya, Reni Suzana menyampaikan penghargaan yang diberikan BPS terhadap LAN tidak lepas dari upaya yang luar biasa juga dari BPS, termasuk bagaimana secara berkelanjutan Pusdiklat BPS memperbaiki kinerja.

Baca juga: Survei BPS: 17 persen masyarakat yakin tak akan tertular COVID-19
Baca juga: BPS: Mayoritas sebut tak ada sanksi alasan langgar protokol kesehatan
Baca juga: BPS Sulut sensus gelandangan-tuna wisma di malam hari

"Komitmen pengembangan di Pusdiklat BPS ini sangat tinggi dari Pimpinan BPS, terlihat bagaimana mereka 'concern' melakukan perbaikan di pusdiklatnya dan juga dalam melakukan pengembangan kompetensi bagi pegawai," tambah Reni.

Selain penyelenggaraan di Pusdiklat, Reni menambahkan secara berkelanjutan BPS juga mengirimkan pejabatnya untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan di LAN.

Menurut dia, upaya tersebut menunjukkan bahwa komitmen BPS melakukan pengembangan kompetensi untuk pegawainya sangat tinggi.

"Kami berharap kerja sama akan terus berlanjut, LAN akan tetap melakukan tugas dan fungsinya. Tentu saja, kami juga akan mengawal bagaimana BPS bisa mepertahankan nilai akreditasi pelatihan di sana. Terakhir, kami ucapkan terima kasih dan Selamat Hari Statistik Nasional," pungkas Reni.

Kepala Biro Humas dan Hukum BPS Endang Retno Sri Subiyandani menyampaikan terima kasih kepada LAN karena telah memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan kompetensi SDM di BPS.

"Setiap tahunnya, kami memberikan BPS Award kepada mitra-mitra terbaik yang bisa kami berikan penghargaan. Mitra dari kementerian atau lembaga, mitra dari media dan juga mitra dari responden yang berkontribusi penting. Untuk kategori kementerian atau lembaga, kami memilih LAN dan juga Kemenpan RB," tutup Endang.

Sebagaimana diketahui, ajang penghargaan yang rutin digelar oleh BPS tersebut diselenggarakan dalam memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) pada setiap tanggal 26 September.

BPS Awards merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada kementerian atau lembaga, media, dan, perusahaan yang telah berperan aktif dalam pengumpulan data dan kegiatan statistik lainnya di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat LAN Tri Atmojo Sejati yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa penghargaan tersebut sekali lagi membuktikan kiprah LAN di masa pandemi ini.

"Penghargaan ini akan menjadi cambuk bagi LAN untuk terus berkinerja lebih baik lagi," tutup Tri Atmojo.