Tugas-tugas KPU Kabupaten Situbondo akan diambil alih sementara oleh KPU Provinsi Jatim karena tiga anggota KPU setempat, termasuk ketuanya, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19

Situbondo – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan bahwa tugas-tugasnya dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 akan diambil alih KPU Provinsi Jawa Timur setelah dirinya dan dua anggota lainnya dinyatakan positif terpapar COVID-19.

"Tugas-tugas kami akan diambil alih sementara oleh KPU Provinsi Jatim karena saya dan dua anggota KPU lainnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Marwoto saat dihubungi di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Meski demikian, lanjut dia, keputusan akhir pengambilalihan tugas-tugasnya masih menunggu hasil tes usap (swab test) yang kedua,yang diperkirakan akan diketahui hasilnya pada hari Senin (7/12).

Kalau hasil tes usap kedua tetap menunjukkan positif, kata Marwoto, KPU Provinsi Jatim akan langsung mengambil alih tugas-tugas ketua dan anggota KPU Kabupaten Situbondo yang saat ini dinyatakan terpapar COVID-19.

Baca juga: KPU segera validasi pemilih di Rutan Situbondo

Setelah tiga orang anggota KPU Kabupaten Situbondo yang dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani isolasi di gedung observasi Pasir Putih, mulai Sabtu (5/12) ini sudah ada satu anggota KPU Provinsi Jatim memeriksa kesiapan logistik pilkada yang akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

"Jadi, beliau (anggota KPU Provinsi Jatim) sudah di Situbondo cek kesiapan logistik, sistem informasi penghitungan suara (situng), dan sistem informasi rekapitulasi suara (sirekap). Artinya, sejauh mana tugas yang sudah saya kerjakan, insyaallah, sudah 95 persen dan besok logistik sudah didistribusikan," kata Marwoto.

Ia menyebutkan dari 45 orang di lingkungan KPU Kabupaten Situbondo yang telah menjalani tes usap beberapa hari lalu, sembilan orang dinyatakan positif (bukan tujuh orang seperti diberitakan sebelumnya).

"Dari sembilan orang yang positif, tiga orang di nya anggota KPU dan enam orang lainnya staf sekretariat KPU. Sampai hari ini ada tujuh orang berada di tempat karantina, dua orang lainnya isolasi mandiri, semuanya sehat," kata Marwoto.

Baca juga: KPU Situbondo mulai lakukan pelipatan surat suara