Jayapura – Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengaku, setiap pimpinan memiliki strategi atau kiat masing- masing guna mengatasi gangguan keamanan di wilayahnya.

 
Memang benar beberapa tahun lalu Puncak Jaya juga mengalami gangguan keamanan yang dilakukan KKB namun saat ini sudah aman dan kelompok tersebut menerima berbagai program pembangunan yang dilaksanakan.
 
"Ada lima hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah keamanan di nya terus melakukan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat dan lebih sering berada di daerah sehingga bila ada permasalahan dapat tertangani, " kata Bupati Wonda di Jayapura, Papua, Jumat.

Baca juga: TNI-Polri buru komplotan KKB usai penembakan guru di Puncak Papua

 
Dia mengatakan, berbagai pendekatan terus dilakukan ke masyarakat sehingga mereka memahami karena pembangunan yang saat ini sedang digalakkan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Pemimpin, lanjut dia,  harus tahu apa kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan serta selalu mendengar apa keluhan warga dan selalu berada di tengah masyarakat.
 
"Dulu penanganan di Papua selalu melakukan pendekatan militeristik sehingga anak-anak menyaksikan sanak keluarga ditembak dan dibunuh," kata Bupati Wonda seraya menambahkan itu menjadi luka dalam yang hingga kini masih membekas.
 
Selain mengubah pendekatan ke masyarakat, orang Papua juga harus diberdayakan sesuai UU No 21 tahun 2001 dan bila hal itu benar-benar dilakukan maka dipercaya Papua bisa lebih maju.
 
"Seluruh elemen harus sinergi dan itu yang diterapkan di Puncak Jaya saat ini hingga situasi aman, " kata Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda.
 
Baca juga: Polisi Puncak Jaya gelar razia dan bagikan bendera ke warga Kota Mulia
Baca juga: Pemkab Puncak Jaya terima satu pucuk senjata dari anggota separatis
Baca juga: Anggota KSB Puncak Jaya kembali ke NKRI