Jakarta – Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Ruang Medical Check Up Unit (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat.

Ratmono mengatakan vaksinasi tersebut berjalan lancar tanpa keluhan seperti saat vaksinasi pertama.

"Alhamdulillah, seperti vaksinasi yang pertama, vaksinasi tahap kedua ini juga tanpa keluhan dan saya langsung melaksanakan aktivitas kantor seperti biasa,” kata Mayjen Tugas Ratmono melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Baca juga: Kapuskes TNI ingatkan masyarakat disiplin prokes agar COVID-19 mereda

Sebelum vaksinasi tahap kedua ini, Tugas telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada 15 Januari di RSPAD Gatot Subroto.

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua di lingkungan TNI ini dijalankan dengan 'standard operating procedure' (SOP) yang ketat untuk meminimalkan risiko Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).

SOP ketat tersebut bahkan dirancang langsung oleh Mayjen Tugas dan sudah diuji coba beberapa kali melalui kegiatan 'Training of Trainer' Vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Pasien RSD Wisma Atlet meningkat pascalibur panjang

Sesuai SOP tersebut, Ratmono harus mendaftar terlebih dahulu ke petugas vaksinasi sebelum datang ke meja pemeriksaan. Oleh tenaga kesehatan di meja pemeriksaan, Ratmono ditanya seputar riwayat kesehatannya.

Setelah dinyatakan lolos, Ratmono berpindah ke tempat vaksinasi COVID-19. Kemudian, vaksinator menyiapkan jarum suntik dan mengambil botol vaksin dari dalam box pendingin untuk disuntikan ke lengan kiri Ratmono.

Baca juga: Personel Kesehatan TNI jalani pelatihan vaksinasi COVID-19

Setelah seluruh tahapan selesai, Ratmono langsung menjalani observasi paska vaksinasi sambil duduk santai selama 30 menit. Dia pun memastikan tidak ada keluhan yang muncul setelah mendapatkan vaksin sehingga bisa meninggalkan RSPAD Gatot Subroto dan melanjutkan aktivitasnya.

Vaksinasi COVID-19 berlangsung dalam dua tahap dengan selang 14 hari. Vaksinasi COVID-19 di lingkup TNI selain dilakukan di RSPAD Gatot Subroto juga digelar di Mabes TNI Cilangkap. Personel TNI dan Polri termasuk jajaran yang mendapat vaksinasi pertama kali mengingat tugasnya yang berhubungan dengan masyarakat luas.
#satgascovid19
#ingatpesanibujagajarak
#vaksincovid19