Jakarta –

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pandemi COVID-19 masih menjadi salah satu ancaman terbesar hingga saat ini bahkan kasusnya terus meningkat, namun TNI AU akan terus melaksanakan berbagai upaya untuk menekan pandemi ini.
 
Kasau mengatakan hal itu saat membuka Apel Komandan Satuan Tahun 2020 melalui virtual, di ruang Puskodal Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Senin.
 
Marsekal TNI Fadjar menyebutkan, sebagai upaya pencegahan dini telah disediakan di nya fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk berbagai satuan TNI di seluruh Indonesia seperti di RUSPAU dan beberapa RS Angkatan Udara lainnya.

Baca juga: Kasau: Korpaskhas harus mampu hadapi ancaman persenjataan Nubika

 
"Dalam waktu dekat akan disiapkan beberapa fasilitas PCR untuk seluruh satuan yang memiliki Skadron Udara, dan satuan-satuan kecil lainnya," kata Fadjar.
 
Kasau pun mengucapkan terima kasih kepada para komandan satuan atas dedikasi dan kerja keras, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19, namun program kerja dapat terlaksana dengan baik.
 
Ucapan yang sama disampaikan kepada para tenaga kesehatan TNI AU yang terlibat langsung dalam penanganan COVID-19, tetap semangat dan jaga kesehatan.
 
Fadjar juga mengimbau kepada para komandan satuan agar selalu disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan di satuannya serta tetap melaksanakan upaya pencegahan dini secara berkala, sehingga tugas-tugas TNI AU dapat terlaksana dengan aman dan selamat serta tetaplah berinovasi demi kemajuan TNI AU.

Baca juga: Perkuat kerja sama, Kasau kunjungi Markas Basarnas

 
"Seperti saat ini informasi tumbuh semakin dinamis dan banyaknya teknologi disruptif yang muncul dibidang pertahanan, diperlukan kesiapan yang matang, perencanaan yang terukur dan sistematis, serta sinergisitas dan soliditas yang tangguh disetiap unsur TNI AU untuk menjawab segala bentuk ancaman dan tantangan saat ini," paparnya.
 
Kasau juga menekankan kepada para komandan satuan dan kepala satuan kerja agar lebih memperhatikan kondisi anggota beserta keluarganya, bila ditemukan permasalahan baik internal maupun eksternal dapat diselesaikan dengan baik, sehingga tidak terjadi pelanggaran disiplin.
 
"Para prajurit untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial," kata Fadjar.
 
Hadir mendampingi Kasau pada acara tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, serta para KaBalakpus dan Komandan Satuan melalui media daring.