Surabaya – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menyebutkan Musyawarah Daerah DPD Demokrat Jawa Timur untuk memilih ketua definitif dijadwalkan digelar pada September 2021.

"Jadi pelaksanaannya tidak dalam waktu dekat ini, tapi sekitar September mendatang," ujar Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Jumat.

Menurut dia, terdapat beberapa pertimbangan terkait jadwal musda, salah satunya fokus DPP Demokrat terkait munculnya bencana di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Sejumlah DPC dukung Bayu Airlangga sebagai Ketua Demokrat Jatim

DPP, kata Renville, saat ini fokus melakukan monitoring dan memberikan bantuan pada korban bencana alam di sejumlah daerah.

"Sebentar lagi masuk bulan puasa, dan disusul Lebaran. Jadi, kemungkinan setelah itu semua. Atau syukur-syukur bersamaan dengan hari ulang tahun (HUT) partai," ucapnya.

Mantan Sekretaris Demokrat Jatim tersebut membenarkan bahwa pelaksanaan musda digelar tahun ini dan target utamanya memilih ketua definitif untuk periode 2021-2026.

Sementara itu, tentang figur calon ketua, Renville mengatakan, semua tergantung DPC selaku pemilik hak suara.

Baca juga: Pengamat: Ketua Demokrat Jatim harus memiliki jaringan sosial kuat

"Semua tergantung DPC. Tapi berdasarkan laporan, sudah ada kesepakatan bulat mendukung Emil Dardak dan musda akan berlangsung aklamasi," tutur dia.

Sementara itu, Musda Demokrat digelar untuk memilih ketua definitif yang selama ini dijabat seorang Pelaksana Tugas (Plt) setelah Soekarwo mengundurkan diri karena menjabat komisaris utama salah satu BUMN dan berlanjut sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sampai sekarang.

Posisinya dijabat Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, kemudian setelah nama yang bersangkutan dipercaya sebagai Bendahara Umum DPP Demokrat, jabatan diisi oleh Emil Elestianto Dardak yang sekarang tercatat sebagai Wakil Gubernur Jatim.

Terdapat dua kandidat terkuat yang diprediksi menjabat Ketua DPD Demokrat Jatim selama lima tahun ke depan, yakni Emil Dardak dan Bayu Airlangga.

Baca juga: Pengamat: Kader muda lebih berpeluang pimpin Partai Demokrat Jatim

Emil Dardak adalah Ketua Plt Demokrat Jatim, sedangkan Bayu Airlangga saat ini dipercaya sebagai Sekretaris DPD Demokrat Jatim sekaligus duduk di kursi Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.