Kasonaweja, Mamberamo Raya – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dan Andi Maay mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu setempat yang begitu profesional sehingga proses pendaftarannya bisa diterima dan menjadi salah satu kandidat dalam pesta demokrasi di daerah itu.

"Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Mamberamo Raya, yang sudah membantu dalam menjelaskan kekurangan persyaratan yang harus tim pemenangan kami penuhi, sehingga bisa diterima dan melanjutkan proses selanjutnya," kata Dorinus didampingi Andi Maay di Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Senin.

Ia mengakui bahwa pada saat proses pendaftaran dihari terakhir, ada sejumlah berkas persyaratan pencalonan yang harus diperbaiki dan dilengkapi.

"Tim kami kurang cermat melihat syarat yang seharusnya kami penuhi, sehingga oleh KPU sempat menskors sementara waktu untuk kami lengkapi dokumen sebelum tenggat waktu daftar selesai dan puji Tuhan kami bisa penuhi," katanya.

Dorinus yang merupakan incumben itu juga mengapresiasi sikap warga Kabupaten Mamberamo Raya yang mendukung terselenggaranya proses pendaftaran berjalan lancar dan aman, meski beberapa pekan lalu salah satu kantor pemerintahan dibakar terkait hasil pengumaman CPNS formasi 2018.

"Terima kasih juga kepada warga Mamberamo Raya yang mendukung suskesnya salah satu pentahapan pilkada, termasuk aparat keamanan TNI-Polri yang telah bekerja keras menjaga Kamtibmas," katanya.

Ia mengakui bahwa masih banyak persoalan di Mamberamo Raya yang harus segera diselesaikan dan jika kembali dipercaya oleh masyarakat, hal itu akan segera diperbaiki.

"Seperti terkait signal telepon di Kasonaweja yang kurang baik, sehingga sebabkan proses komunikasi yang tidak lancar, ini akan saya benahi, lalu sektor lainnya juga akan saya rubah," katanya.

Dorinus menegaskan akan melakukan perubahan besar-besaran di Kabupaten Mamberamo Raya untuk mempercepat pembangunan disemua sektor, sebagaimana dibentuknya daerah itu untuk membangun SDM yang handal.

"Ini akan saya lakukan agar ada perubahan termasuk di pemerintahan yang akan saya perhatikan, sehingga kabupaten ini bisa maju seperti daerah lainnya di Papua atau Indonesia," kata Dorinus.

Sementara itu, komisoner KPU Papua yang juga merangkap sebagai komisoner KPU Mamberamo Raya Adam Arisoy mengakui bahwa pasangan ada dua pasangan calon yang berkasnya diminta untuk diperbaiki, salah satunya adalah pasangan calon Dorinus Dasinapa-Andi Maay.

"Iya, ada pasangan calon yang langsung kami minta untuk diperbaiki mengingat tenggat waktu sudah hampir selesai dan itu mereka lakukan dengan baik sehingga bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya," katanya.

Tercatat, KPU Mamberamo Raya menerima empat pasangan calon yang datang mendaftar pada 4-6 September 2020, mereka adalah Kristian Wanimbo-Yonas Tasti (Wan-Tas), Jhon Tabo-Eveert Mudumi (JTEM), Roby Rumansara-Lukas Jance Puny, dan Dorinus Dasinapa-Andi Maay.