Jakarta – Calon Bupati Lampung Timur nomor urut 3 Dawam Rahardjo berharap pendukungnya tidak menunjukkan euforia berlebihan menyikapi hasil hitung sementara pada situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020.

“Tetap tenang, rendah hati, dan saya harap para pendukung tidak melakukan euforia yang berlebihan. Protokol kesehatan harus terus dijalankan dan terus kawal penghitungan di pleno resmi KPU nantinya,” kata Dawam dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pantauan di situs pilkada2020.kpu.go.id pada Kamis (10/12) pukul 21.01 WIB menunjukkan bahwa KPU sudah menyelesaikan tahapan rekapitulasi sebanyak 45,45 persen atau 918 dari total 2.020 tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada Lampung Timur 2020.

Baca juga: Timses Dawam-Azwar klaim menang Pilbup Lampung Timur versi quick count

Hasil sementara menunjukkan pasangan nomor urut 3 Dawam Rahardjo-Azwar Hadi (Da-Di) unggul dengan perolehan 40,7 persen suara, disusul pasangan nomor urut 2 Zaiful Bokhari-Sudibyo dengan perolehan 37,7 persen suara dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo meraih 21,6 persen suara.

Menurut Dawam, komposisi perolehan suara dalam penghitungan secara daring oleh KPU sejauh ini memang tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei Rakata Institute.

Hasil hitung cepat yang dimuat pada akun Youtube Rakata Institute itu menunjukkan pasangan nomor urut 3 memperoleh suara 40,75 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo meraih 23,61 persen dan pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo 35,64 persen.

Berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada Lampung Timur 2020 versi Rakata Institute, pasangan Dawam Raharjo-Azwar Hadi menang di 15 kecamatan dari total 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

Baca juga: KPU Lampung Timur tetapkan pasangan calon pada Pilkada 2020

Dawam menambahkan, penghitungan tim pemenangan Da-Di berbasiskan hasil penghitungan suara menggunakan model C1 Plano di 2.020 TPS di Lampung Timur juga menunjukkan perolehan yang hampir sama dengan hasil hitung cepat tersebut.

Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih atas kerja keras tim pemenangan, para relawan, dan partai pendukung pasangan calon Da-Di pada pagelaran pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini.

"Alhamdulillah. Ini berkat kerja keras semua partai pengusung, tim, relawan, pendukung, dan masyarakat Lampung Timur. Tanpa mereka, saya bukan apa-apa,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kabupaten Pringsewu, Lampung, itu.

Dawam meminta kepada tim pemenangan dan para pendukung Da-Di menjaga suara dalam rapat pleno di semua tingkatan KPU.

“Kami (Dawam-Hadi) berharap suara rakyat ini tidak bergeser satu suara pun. Kita harus sama-sama menjaganya, ini amanah rakyat," kata dia.

Baca juga: MPR: Pilkada 2020 beri sentimen positif bagi masyarakat

Senada dengan pasangannya, Calon Wakil Bupati Lampung Timur nomor urut 3 Azwar Hadi juga menyampaikan agar seluruh relawan, tim pemenangan serta masyarakat Kabupaten Lampung Timur tidak euforia berlebihan atas hasil yang diperoleh.

"Kami dari pasangan Da-Di yakin dengan hasil hitung cepat ini tidak akan mengecewakan kerja dan perjuangan kita bersama selama ini," kata Hadi.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua tim relawan serta semua masyarakat Kabupaten Lampung Timur yang telah turut serta dalam menyukseskan proses demokrasi di Kabupaten Lampung Timur.

"Kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama, demi menuju Kabupaten Lampung Timur yang lebih baik,” kata dia.