Pemeriksaan kesehatan menunggu sampai berakhirnya perpanjangan masa pendaftaran

Ngawi – Bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada Ngawi 2020 Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko (OK) tertunda menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAL dr Ramelan Surabaya dari jadwal semula yang ditetapkan berlangsung tanggal 4-11 September.

Komisioner KPU Ngawi Aman Rido Hidayat mengatakan pemeriksaan kesehatan bapaslon ditunda karena tahapan pemilihan kepala daerah juga mundur. Terutama proses pendaftaran hingga penetapan calon, terkait bapaslon tunggal di Ngawi.

"Pemeriksaan kesehatan menunggu sampai berakhirnya perpanjangan masa pendaftaran," ujar Aman Ridho di Ngawi, Rabu.

Baca juga: Pilkada Ngawi berpeluang lawan kotak kosong

Baca juga: Di Jatim juga kental politik kekerabatan pada pilkada

Menurut dia, berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Ngawi Nomor 274/PL.03.2-Kpt/3521/KPU Kab/IX/2020, KPU setempat telah melakukan penundaan tahapan, program, dan jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Tahun 2020.

Hal itu karena KPU Kabupaten Ngawi mengumumkan untuk memperpanjang jadwal pendaftaran bagi Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi yang diajukan oleh partai politik dan atau gabungan partai politik.

Jika sebelumnya pendaftaran pencalonan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 4-6 September 2020, kini diperpanjang pada tanggal 11-13 September 2020. Karena itu, jadwal pemeriksaan kesehatan Bapaslon OK yang sedianya dilakukan pada tanggal 7-8 September juga batal dilakukan.

Rido menjelaskan, pihaknya kemarin sudah mendatangi RSAL dr Ramelan untuk melakukan koordinasi. Namun, pihak rumah sakit belum bisa memberikan kepastian waktu pemeriksaan kesehatan Ony-Antok menyusul perubahan jadwal yang terjadi.

"RSAL belum memutuskan jadwal, karena mereka masih harus koordinasi ulang dengan pihak BNN dan HIMPSI," kata dia.

Rido memperkirakan, pemeriksaan kesehatan akan ditunda hingga perpanjangan pendaftaran ditutup. Dari hasil komunikasi dengan RSAL, pihaknya mendapat informasi sementara bahwa tes kesehatan akan dilakukan pada tanggal 14-15 September. Namun jadwal itu masih bisa berubah, tinggal menunggu informasi dari pihak RSAL.

Baca juga: Pasangan Ony-Antok targetkan perolehan 90 suara Pilkada 2020

Baca juga: Ketua DPRD Kabupaten Ngawi resmi mengundurkan diri