Jakarta – Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol Bambang Sunarwibowo meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Klaster-klaster baru penularan COVID-19 harus dihindari dengan mematuhi protokol kesehatan khususnya di masa libur akhir tahun ini meski, libur akhir tahun ini telah dipangkas oleh pemerintah.

"Libur akhir tahun ini sudah dipangkas oleh pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Artinya, masyarakat juga terap harus patuh dengan protokol kesehatan meski libur akhir tahun ini dipangkas,” kata Komjen Pol Bambang Sunarwibowo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, BIN telah mendeteksi dini adanya ancaman klaster-klaster baru penularan COVID-19 yang perlu diantisipasi pada libur akhir tahun, seperti klaster tempat wisata hingga klaster keluarga.

Baca juga: Polresta Cirebon pastikan tempat istirahat tol diberlakukan pembatasan
Baca juga: RSD COVID-19 ajak warga jadi pahlawan dengan tak bepergian saat libur
Baca juga: Moeldoko minta tak ada kerumunan dan kemacetan libur akhir tahun

Jenderal bintang tiga itu berkaca pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad ketika lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi berdasarkan catatan dari Satgas COVID-19.

"Klaster-klaster tempat wisata, klaster di transportasi, klaster keluarga itu harus menjadi perhatian khusus. Jaga diri dan jaga keluarga kalian," ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker) sehingga masyarakat yang menikmati libur akhir tahun tetap aman dari penularan COVID-19.

"Kunci utama adalah terapkan 3M. Meski liburan tapi tetap harus aman, harus menjaga diri. Inilah cara kita untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," pungkasnya.