Yayasan ASEAN dan Microsoft Meluncurkan Program AI TEACH untuk ASEAN untuk Membentuk Masa Depan Teknologi di Wilayah Tersebut

(SeaPRwire) –   JAKARTA, Indonesia , Jan. 30, 2024 — Peningkatan Kecerdasan Buatan (AI) di seluruh ASEAN telah menjadi kekuatan pendefinisian dan diprediksi akan memberikan kontribusi sekitar USD 1 triliun terhadap PDB kawasan ini pada tahun 2030.[1] Seiring berkembangnya lanskap digital, keperluan untuk mempersiapkan tenaga kerja terhadap tantangan dan peluang di era baru AI ini belum pernah sedemikian mendesak.


Menyadari peran penting keterampilan AI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan memberdayakan pekerja dan pencari kerja untuk mempercepat karir dan bisnis mereka, Yayasan ASEAN dan Microsoft telah meluncurkan program AI TEACH yang bertujuan membentuk masa depan teknologi kawasan di mana keahlian AI menjadi tonggak keberhasilan.

Dalam kerja sama dengan lembaga nirlaba lokal, lembaga pendidikan tenaga kerja, dan pemerintah, AI TEACH bertujuan mendorong hasil ketenagakerjaan dan pendidikan yang signifikan bagi individu yang ingin meningkatkan keterampilan diri. Upaya bersama ini bertujuan memanfaatkan kekuatan AI dan teknologi lainnya, pada akhirnya meningkatkan hasil ekonomi bagi tenaga kerja.

Program AI TEACH untuk ASEAN bertujuan memberikan pelatihan Kecerdasan Buatan (AI Fluency) kepada 6.200 pendidik Teknologi Pendidikan dan Pelatihan Vokasional (TVET) di ASEAN, dengan fokus pada Indonesia dan Malaysia. Menggunakan Microsoft AI Trainer Toolkit, program ini akan memperkuat pendidik untuk secara efektif mengajarkan konsep-konsep AI dan memperkenalkan Microsoft dan LinkedIn Career Essentials in Generative AI kepada siswa, memberikan mereka keterampilan esensial untuk menyelesaikan kursus dan sertifikasi.

Dr. Piti Srisangnam, Direktur Eksekutif Yayasan ASEAN, menyampaikan antusiasmenya tentang kerja sama ini, dengan menyoroti peran pentingnya dalam selaras dengan tujuan Rencana Induk Digital ASEAN 2025, mengatakan “program AI TEACH untuk ASEAN oleh Microsoft dan Yayasan ASEAN merupakan bukti komitmen kami untuk memberdayakan pemuda, meningkatkan keterampilan mereka, dan menempatkan mereka sebagai katalis kemajuan kawasan. Dengan mendorong inovasi dan memberikan keterampilan AI yang praktis, kami bertujuan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan teknologi ASEAN.”

Tujuan akhir program AI TEACH untuk ASEAN adalah membantu 400.000 individu di Indonesia dan Malaysia untuk memperoleh peluang ketenagakerjaan dan pendidikan yang lebih baik sambil membawa perubahan positif bagi sistem TVET dengan mengintegrasikan keterampilan AI untuk selaras dengan persyaratan industri yang berkembang.

Program ini akan mencapai tujuan tersebut dengan melaksanakan beberapa aktivitas kunci. Aktivitas pertama adalah pelatihan-pelatih bagi guru TVET di sepuluh negara ASEAN melalui kerja sama dengan Pertemuan Senior Pejabat Pendidikan ASEAN dan Sekretariat ASEAN, memastikan perhatian dan dukungan pemerintah. Di Indonesia dan Malaysia, pelatih TVET akan menyampaikan pelatihan keterampilan AI kepada siswa melalui MOU dengan TVET.

Mendukung pelatihan-pelatih, hackathon tingkat negara akan diluncurkan di Indonesia dan Malaysia, menuju hackathon regional yang diselenggarakan di Indonesia, yang bertujuan mendorong antusiasme di antara pelatih untuk mengintegrasikan keahlian mereka dalam Generative AI ke dalam metode pengajaran. Akhirnya, forum kebijakan TVET regional tentang keterampilan AI juga akan diadakan untuk mengundang para pembuat kebijakan, ahli AI, dan lembaga nirlaba untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik.

Andrea Della Mattea, Presiden Microsoft di ASEAN, berbagi, “Kami gembira bekerja sama dengan Yayasan ASEAN, Yayasan Plan International Indonesia dan Biji-biji untuk memastikan semua orang memiliki keterampilan untuk berkembang di era yang menarik ini dari AI. Bersama-sama, kami menutup kesenjangan keterampilan, memberikan peluang keberhasilan, memungkinkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan memberdayakan para wirausahawan esok hari—hari ini!”

Dalam kerja sama erat dengan Microsoft, Yayasan ASEAN akan membantu mengawasi implementasi program AI TEACH untuk Indonesia dan Malaysia yang akan dipimpin oleh Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Biji-biji Initiative dengan pendekatan terlokalisasi untuk menanggapi kebutuhan dan konteks unik masing-masing negara.

Sementara YPII dan Biji-biji Initiative memimpin di Indonesia dan Malaysia, Yayasan ASEAN akan fokus pada penyelenggaraan forum kebijakan regional tentang Keterampilan AI dan menyelenggarakan hackathon regional.

Tentang Yayasan ASEAN

Tiga dekade setelah ASEAN didirikan, para pemimpin ASEAN menyadari bahwa: masih ada ketidaksetaraan yang memadai, kesadaran ASEAN dan kontak di antara masyarakat ASEAN. Adalah kekhawatiran ini bahwa para pemimpin ASEAN mendirikan Yayasan ASEAN di Jakarta, Indonesia, pada KTT ASEAN ke-30 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 15 Desember 1997. Yayasan ASEAN adalah organisasi dari dan untuk masyarakat ASEAN. Yayasan ini ada karena satu visi: membangun Masyarakat ASEAN yang kohesif dan sejahtera. Sebagai badan ASEAN, Yayasan ditugaskan untuk mendukung ASEAN terutama dalam mempromosikan kesadaran, identitas, interaksi, dan pengembangan masyarakat ASEAN.

CATATAN UNTUK REDAKSI

Untuk pertanyaan media dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Anthoni Octaviano, Yayasan ASEAN,

[1] Kearney. 2020. Al is integral to Southeast Asia’s future, but it is still in an early stage. Retrieved from:  

 

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Envision Energy Mengumumkan Kolaborasi dengan BASF dalam Hidrogen Hijau guna Mempercepat Transisi Energi Terbarukan

Sel Jan 30 , 2024
(SeaPRwire) –   Envision Energy bekerja sama dengan BASF Process Catalysts untuk mengintegrasikan teknologi katalis canggih BASF SYNSPIRE™ dengan sistem manajemen energinya yang inovatif untuk memaksimalkan efisiensi teknologi katalis, mempercepat konversi hidrogen hijau dan CO2 menjadi e-metanol. SHANGHAI, 30 Januari 2024 — Envision Energy, pemimpin global dalam teknologi hijau, mengumumkan kerja […]