WFH Ditemani Hewan Peliharaan Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

https: img.okezone.com content 2020 12 25 18 2333888 wfh-ditemani-hewan-peliharaan-bisa-tingkatkan-kebahagiaan-320ZKNN4YJ.jpg

INGGRISBekerja dari rumah (WFH) dengan hewan peliharaan diklaim bisa meningkatkan rasa kebahagiaan.

Produk nutrisi hewan peliharaan, Purina, bekerja sama dengan psikolog Jo Hemmings sebagai bagian dari kampanye “Paws-itive Work” untuk mencari tahu mengapa bekerja dengan hewan begitu terapeutik.

Seperti diketahui, hampir seluruh perusahaan di seluruh negara banyak yang memberlakukan WFH akibat pandemi Covid-19.

Dengan bekerja dari rumah, tanpa kita sadari kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan hewan peliharaan kita. Bahkan, hewan berkaki empat ini juga bisa menjadi rekan kerja abru kita.

Hal ini pun menarik untuk diteliti. Cats Protection menyurvei sekitar 700 pemilik yang bekerja dari rumah untuk mencari tahu lebih lanjut tentang hubungan kerja yang unik ini.

Dari mereka yang ditanyai, 63 persen mengatakan kucing mereka menenangkan mereka. Sedangkan 56 persen mengatakan mereka tidak terlalu kesepian karena kehadiran hewan peliharaan ini.

(Baca juga: Anjing Ini Bertugas Mengendus Covid-19 Para Penumpang di Bandara)

Lebih dari setengahnya, yakni 53 persen mengatakan mereka telah menyaksikan kucing mereka melakukan sesuatu yang lucu seperti berjalan melintasi laptop saat bekerja yang membuat mereka terhibur.

Dan bahkan kucing pun dijadikan teman mengobrol saat makan siang. Sebanyak empat dari sepuluh orang mengatakan mereka membahas masalah pekerjaan dengan kucing mereka ini.

Gina Akers, yang baru-baru ini menjadi juri Cats Protection’s Alternative Cat Awards mengatakan kedua kucingnya bernama Sunny dan Star, selalu duduk di sebelahnya selama dirinya bekerja.

“Sunny telah belajar untuk melihat-lihat gambar di laptop atau ponselku sampai dia menemukan gambar yang dia suka, sementara Star akan mencuri pulpen dari mejaku,” terangnya, dikutip Daily Star.

“Mereka tidak pernah gagal untuk mencerahkan hari kerja saya,” ujarnya.

Purina sangat percaya jika kehadiran hewan peliharaan dan orang-orang menjadi lebih saat bersama-sama. Pihaknya ingin lebih banyak orang merasakan manfaat yang dibawa hewan peliharaan, dari kesehatan yang lebih baik hingga tempat kerja yang lebih bahagia.

Tapi apa sebenarnya yang membuat hewan peliharaan begitu menawan bagi kita – terutama saat kita bekerja dari rumah?

Pertanyaan ini coba dijawab Jo Hemmings, psikolog perilaku yang telah bekerja dengan ahli gizi hewan peliharaan, Purina, dalam menyoroti manfaat dan “jebakan” saat bekerja bersama hewan peliharaan.

“Itu hanya menciptakan rasa normalitas dan kehidupan. Salah satu hal tentang hewan peliharaan adalah bagi mereka setiap hari hanyalah hari biasa,” ujarnya.

“Ada sesuatu yang cukup menghibur tentang hewan yang tidak memiliki petunjuk tentang hal-hal yang mungkin membuat kita stres. Sangat menenangkan memiliki perspektif sederhana itu,” ungkapnya.

“Hewan terus-menerus hidup pada saat ini, dan keberadaan mereka memberikan pengingat yang berguna untuk melakukan hal yang sama di dunia di mana kita dapat dengan mudah menjadi terlalu khawatir tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan,” terangnya.

Jo juga percaya jika hewan peliharaan lebih bahagia dari sebelumnya karena pemilik mereka bekerja lebih banyak dari rumah. Jo memiliki seekor kucing yang suka duduk di dekatnya saat dia bekerja, terkadang bahkan di sofa klien yang dia gunakan untuk sesi konseling.

Dia yakin ada sesuatu yang sangat istimewa antara manusia dan hewan peliharaan mereka.

“Mereka mengurangi tingkat kortisol dan adrenalin dalam aliran darah Anda, menjaga kecemasan tetap terkendali, menjaga situasi yang sedikit lebih tenang,” jelasnya.

Dia mengatakan, bagi siapa pun yang anjing atau kucingnya menginterupsi panggilan Zoom, Anda juga tahu jika hewan peliharaan adalah pembuka percakapan yang hebat dan sering kali mencairkan suasana saat bertemu orang yang tidak dikenal.

1
2

  • #bekerja dari rumah
  • #WFH
  • #Kebahagiaan
  • #hewan peliharaan

Next Post

Jaksel dan Jaktim Diperkirakan Diguyur Hujan Disertai Petir pada Sore Hari

Sab Des 26 , 2020
JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah administratif Jakarta Selatan, Jakarta Timur, hingga Jakarta Barat diguyur hujan dan disertai petir pada hari ini, Sabtu (26/12/2020) sore. “Waspada potensi hujan yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah singkat di wilayah Jakbar, Jaksel, dan […]