Waspada! Covid-19 saat Ini Lebih Cepat Menular

https: img.okezone.com content 2020 12 07 337 2322847 waspada-covid-19-saat-ini-lebih-cepat-menular-RIhhyrYWHH.jpg

JAKARTA – Epidemiolog asal Universitas Griffith Australia Dicky Budiman meminta agar masyarakat Indonesia lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap penularan virus corona (Covid-19). Sebab, berdasarkan asil pemantauan Dicky, virus corona di Indonesia saat ini lebih cepat menular.

“Pola kecepatan penularan telah berubah dengan jelas. virus menyebar lebih cepat. yang saat ini mencerminkan peningkatan transmisi di hampir semua wilayah,” kata Dicky melalui pesan singkatnya, Senin (7/12/2020).

Dicky juga menyoroti angka kasus harian Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. Terdapat kenaikan yang signifikan terkait kasus konfirmasi positif Covid-19. Atas dasar hal itulah Dicky meminta agar masyarakat serta pemerintah Indonesia tidak lengah.

Menurut Dicky, jika masyarakat bahkan pemerintah mulai lengah dalam menangani wabah virus corona maka dapat berakibat fatal. Ia memprediksi angka kematian akibat virus corona bakal melonjak jika masyarakat dan pemerintah mulai longgar dalam penanganan Covid-19.

“Konsekuensi yang dapat diperkirakan logis karena kita belum menganggap serius manajemen pandemi. Kita akan melihat kasus pasien rawat inap dan kematian akan meningkat pada waktunya,” terangnya.

Baca Juga : Vaksin Tiba, Jokowi : Kita Bisa Segera Cegah Meluasnya Wabah Covid-19

Baca Juga : Cegah Klaster Covid-19, Semua TPS Disemprot Disinfektan

Pola penularan virus corona yang makin hari makin mengganas, ditekankan Dicky, perlu menjadi perhatian khusus pemerintah. Ia pun menyarankan agar pemerintah Indonesia mengambil opsi lockdown dalam waktu dekat.

“Ini sangat serius, karena penularan yang tidak terkontrol pada akhirnya akan membahayakan layanan kesehatan. Dan untuk menanganinya, kita hampir pasti akan perlu mengambil tindakan yang lebih kuat untuk mencegah hasil terburuk, seperti opsi lockdown,” ucap Dicky.

“Sebab, semakin lama kita mengabaikan, semakin sulit untuk dikendalikan,” pungkasnya.

(aky)

  • #Virus Corona
  • #Covid-19
  • #penyebaran covid-19

Next Post

Pimpinan KPK : Program Pemulihan Dampak Covid-19 Rawan Dikorupsi!

Sen Des 7 , 2020
JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya praktik kotor yang dilakukan oknum pejabat Kementerian Sosial (Kemensos). Praktik kotor itu terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk penanganan serta pemulihan dampak virus corona (Covid-19) di Indonesia. Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara, bersama dua pejabat Kemensos Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono […]