Wagub DKI Ungkap Penyebab Tingginya Angka Kasus Positif Corona di Jakarta

https: img.okezone.com content 2020 08 28 338 2268732 wagub-dki-ungkap-penyebab-tingginya-angka-kasus-positif-corona-di-jakarta-kjzxJWGVpN.jpg

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkap penyebab tingginya angka kasus konfirmasi positif corona (Covid-19) di Ibu Kota. Diantaranya, karena masifnya testing (pengujian), tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan) terhadap penanganan Covid-19.

Menurut Riza, kondisi dan situasi Jakarta saat ini relatif tergolong kondusif meskipun, angka kasus konfirmasi positifnya terus mengalami lonjakan yang signifikan. Hal itu, disebabkan karena testing, tracing, dan treatmentnya berjalan masif.

“Melihat situasi dan kondisi seperti ini memang ada peningkatan, tapi kalau lihat sesungguhnya Jakarta terkendali. Terkendali maksudnya angka yang tinggi itu karena banyaknya testing, kemudian kita tracing dan treatment,” kata Riza saat dikonfirmasi, Kamis, 27 Agustus 2020, malam.

Menurut Riza, semakin banyak pengujian akan memudahkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sebab, dari pengujian tersebut, tom satgas Covid-19 bisa langsung melakukan pelacakan dan penanganan.

“Dengan banyaknya testing kita lebih mudah membuat langkah pencegahan, penanganan, maupun penanggulangannya. Itu lah konsep DKI yang mungkin berbeda dari yang lain, diantaranya meningkatkan testing,” ucapnya.

Baca Juga : Wali Kota Solok Positif Covid-19, Indra Penciumannya Menurun

Baca Juga : Fakta-Fakta Tewasnya Ariati yang Ditemukan Membusuk di Kontrakan Pacar

Politikus Gerindra tersebut mengklaim bahwa badan kesehatan dunia (WHO) telah menyatakan Jakarta menjadi provinsi yang paling bagus perihal testing dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia. Hal itu terlihat dari sejumlah faktor.

“Testing kita diakui WHO (sebagai) provinsi di Indonesia yang dinilai cukup baik pengendaliannya, SDM-nya, logistiknya, semua lah, regulasi baik, aparat dihadirkan, sanksi ditegakkan bahkan mengeluarkan Pergub denda progresif macam-macam,” beber Riza.

“Kemudian juga kita terus melakukan monitoring internal di setiap gugus tugas, setiap unit kegiatan kita minta buat satgas untuk memastikan protokol kesehatan di setiap unit kegiatan,” sambungnya.

(aky)

  • #Virus Corona
  • #Covid-19
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Penanganan Virus Corona
  • #Ahmad Riza Patria
  • #Corona Jakarta

Next Post

Penerapan quot;Emergency Brakequot; di Jakarta Lebih Efektif Jika Diikuti Kota Penyangga

Jum Agu 28 , 2020
JAKARTA – Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Abdul Aziz menganggap bahwa kebijakan emergency brake perlu diterapkan di Jakarta. Asalkan, sambung Aziz, sudah ada kajian yang jelas dan matang sebelum memutuskan untuk melakukan emergency brake. Aziz menjelaskan perlunya diterapkan kebijakan darurat emergency brake di saat seperti ini. […]