Terobosan Baru dalam Elektronik Fleksibel: Inovasi Dopping Puncak MANA

(SeaPRwire) –   TSUKUBA, Jepang, 6 Feb 2024 — Peneliti dari Pusat Penelitian untuk Nanoarsitektur Bahan (MANA) memperkenalkan metode dopping untuk mencapai konduktivitas yang akurat dan konsisten untuk semikonduktor organik.

Gambar:

Semikonduktor organik yang terdiri dari polimer penting untuk pengembangan perangkat elektronik fleksibel. Namun, mencapai konduktivitas yang konsisten menggunakan metode dopping saat ini sulit. Dopping melibatkan penambahan dopan ke semikonduktor melalui reaksi redoks untuk meningkatkan kerapatan pembawa muatan. Namun, proses ini peka terhadap atmosfer reaksi dan zat asing, khususnya air, yang mendeaktivasi dopan.

Dalam studi baru, tim penelitian yang dipimpin oleh Dr. Yu Yamashita dari MANA, bekerja sama dengan Dr. Masaki Ishii (penulis pertama) dari MANA, sekarang telah mengembangkan metode dopping sederhana yang mampu menghasilkan semikonduktor organik dengan tingkat konduktivitas yang diinginkan. Metode ini didasarkan pada reaksi transfer elektron terkopel proton (PCET) yang diamati dalam proses biokimia.

Dalam PCET, proton dan elektron secara bersamaan ditransfer antara dua molekul. Reaksi ini memberikan cara untuk mengubah semikonduktor organik menjadi keadaan terdop p tipe dengan mendorong molekul untuk menerima elektron dari semikonduktor. Untuk proses dopping, para peneliti mencemplungkan PBTTT, semikonduktor organik, ke dalam larutan akuatik yang mengandung benzoquinone (BQ), hydroquinone (HQ), dan anion molekul hidrofobik. BQ menerima proton dari larutan akuatik bersamaan dengan elektron dari PBTTT. Transfer elektron dari semikonduktor organik meningkatkan jumlah lubang dalam semikonduktor organik, mengubah konduktivitasnya.

Keuntungan metode ini terletak pada reproduksibilitas dan kontrolabilitas yang tergantung pada pH. Menyesuaikan pH larutan memungkinkan kontrol tepat atas jumlah dopping dan selanjutnya konduktivitas. “Tingkat Fermi semikonduktor secara tepat dan reproduksi ditentukan oleh pH larutan dopping,” kata Dr. Yamashita. Lebih lanjut, dopping tepat dilakukan di udara ambien untuk pertama kalinya, mendemonstrasikan skalabilitas tanpa precedent yang cocok untuk manufaktur perangkat.

Metode dopping inovatif ini menawarkan pendekatan yang efisien secara biaya untuk mengembangkan elektronik fleksibel dan stabil, seperti sensor nirkabel, modul pemanen energi, perangkat biomolekuler, layar, dan sel surya.

Research Highlights Vol. 86

Situs resmi:

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

YungChing Realty Group Mengubah Landscape Real Estat Taiwan Dengan Platform Penjualan Bersama Agen Real Estat

Sel Feb 6 , 2024
(SeaPRwire) –   SINGAPURA, 5 Feb 2024 — Sebagai respons terhadap berbagai tantangan industri properti, YungChing Realty Group memperkenalkan “Platform Penjualan Bersama Agen Properti”, yang mendapatkan penghargaan pada International Innovation Awards (IIA) 2023 di kategori Layanan & Solusi. Acara tersebut diselenggarakan oleh Enterprise Asia, di Taipei, Taiwan, menyusul KTT Inovasi […]