Temuan Studi SANOIN menunjukkan Kenaikan Hb yang Signifikan dalam 14 hari, Pengurangan Gejala dalam 30 hari & Peningkatan Kualitas Hidup pada Perempuan dengan Anemia Kekurangan Besi

  • Studi klinis SANOIN yang didukung oleh P&G Health menunjukkan efikasi suplementasi zat besi (ferrous gluconate + multivitamin & mineral) dalam meningkatkan kadar Hb & Kualitas hidup dengan menunjukkan perbaikan gejala
  • Dengan 1 dari 4 orang menderita Anemia Defisiensi Zat Besi di Asia Tenggara, temuan menyoroti peran penting Suplementasi Zat Besi dalam protokol pengobatan

(SeaPRwire) –   SINGAPURA, 8 Feb. 2024 — Anemia terus menjadi masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia, dengan beberapa tingkat prevalensi tertinggi di Asia Tenggara. Lebih lanjut, ini adalah risiko kesehatan yang secara tidak proporsional memengaruhi beberapa segmen masyarakat yang paling rentan – perempuan dan anak-anak. Anemia Defisiensi Zat Besi (IDA) adalah jenis Anemia yang paling umum, berdampak hingga 1 dari 4 orang di beberapa negara di seluruh Asia Tenggara dengan gejala seperti kelelahan, pusing, dan sakit kepala yang memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas mereka.


Temuan studi klinis SANOIN baru, yang didukung oleh P&G Health (divisi layanan kesehatan dari P&G) dan dilakukan oleh pakar layanan kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi suplementasi zat besi dengan Sangobion (ferrous gluconate + multivitamin & mineral) dalam meningkatkan kadar Hemoglobin (Hb) & kualitas hidup (QOL) dengan menunjukkan perbaikan gejala. Temuan studi klinis SANOIN menunjukkan peningkatan kadar Hb yang signifikan dalam 14 hari, perbaikan gejala dalam 30 hari, & peningkatan QOL pada wanita dengan Anemia Defisiensi Zat Besi.

Dr. Narcisa Sonia Comia, Ahli Hematologi (Mary Mediatrix Medical Center, Filipina) dan Peneliti Utama SANOIN mengatakan, “Kami melakukan Studi Non-Intervensi Klinis SANOIN dengan 97 wanita berusia 15-55 tahun yang menderita IDA ringan hingga sedang di 6 rumah sakit di Filipina. Pasien diberi Sangobion (ferrous gluconate plus multivitamin & mineral) selama periode 90 hari. Kami mengamati peningkatan Hemoglobin yang cepat sebesar 1,0 g/dL dalam 14 hari yang terus meningkat hingga Hari ke-90. Lebih lanjut, peningkatan 3,7x diamati dalam kadar serum feritin yang menunjukkan jumlah zat besi yang tersimpan dalam tubuh. Gejala seperti kelelahan, pusing, dan sakit kepala berkurang secara signifikan sejak 30 hari, dengan pasien melaporkan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan.”

Menurut Dr. Christopher J.L. Soriano, Dokter Kandungan dan Ginekolog (Ateneo de Manila University School of Medicine and Public Health, Filipina) dan Peneliti Utama Bersama SANOIN, “Perkiraan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki prevalensi anemia defisiensi zat besi sebesar 25-30%, sedangkan di Filipina, IDA memengaruhi 1 dari 4 wanita hamil. Di Malaysia, diperkirakan 31,6-34,6% wanita hamil menderita IDA. Kami terdorong oleh hasil studi klinis SANOIN yang menyoroti peran dan dampak Suplementasi Zat Besi dalam protokol pengobatan dan memberikan pilihan yang aman dan efektif bagi wanita Filipina untuk meningkatkan hasil kesehatan agar dapat mengurus diri sendiri, anak-anak, dan keluarga mereka dengan lebih baik. Kami berharap dapat membagikan temuan penelitian ini dengan praktisi layanan kesehatan dari seluruh Asia Tenggara dan bertekad untuk melakukan pendekatan dalam memerangi beban penyakit yang terus meningkat.”

Ian Barton, Direktur Senior, Urusan Medis & Teknis R&D – P&G Health (Asia Pasifik, India, Timur Tengah & Afrika) menyatakan “P&G Health telah berupaya meningkatkan kesadaran dan diagnosis Anemia Defisiensi Zat Besi di seluruh Asia Tenggara bekerja sama dengan praktisi layanan kesehatan dan asosiasi. Studi Klinis SANOIN Baru adalah langkah lain dalam komitmen kami untuk mendukung perang melawan IDA. Melalui bukti dunia nyata dan wawasan klinis, studi klinis SANOIN menyoroti peran suplementasi zat besi dalam meningkatkan hasil pengobatan dan memberdayakan konsumen untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih bersemangat. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada panel peneliti dan wanita yang berpartisipasi dalam SANOIN. Kami berterima kasih kepada Federasi Farmasi Internasional (FIP) karena menyertakan temuan studi SANOIN dalam Buku Pegangan Apoteker yang baru-baru ini diterbitkan tentang pengelolaan IDA.”

Penafian: Indikasi Sangobion dapat berbeda di berbagai negara, silakan berkonsultasi dengan profesional layanan kesehatan setempat untuk informasi lebih lanjut.

Tentang P&G Health:

P&G Health, divisi perawatan kesehatan dari Procter & Gamble, mendorong inovasi yang berpusat pada konsumen untuk memberdayakan konsumen kami agar hidup lebih sehat, dan lebih bersemangat.

Tentang SANOIN:

SANOIN (Studi Non-Intervensi Sangobion®Iron+ untuk Mengevaluasi Perubahan Status Hemoglobin pada Subjek dengan Anemia Defisiensi Zat Besi Ringan hingga Sedang) adalah studi observasional terbuka, lengan tunggal yang didukung oleh P&G Health.

Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini 

Untuk Buku Pegangan Apoteker FIP tentang pengelolaan Anemia Defisiensi Zat Besi, klik di sini 

Referensi:

1)     Soriano CJL,et al. J Clin Exp Pharmacol.13:385.
2)     Kodyat B, Kosen S, de Pee S. Iron deficiency in Indonesia: current situation and intervention. Nutrition Research. 1998 Dec 1;18(12):1953-63.
3)     Palanog AD, Calayugan MI, Descalsota-Empleo GI, Amparado A, Inabangan-Asilo MA, Arocena EC, Sta. Cruz PC, Borromeo TH, Lalusin A, Hernandez JE, Acuin C. Zinc and iron nutrition status in the Philippines population and local soils. Frontiers in nutrition. 2019 Jun 7;6:81.
4)     Abd Rahman R, Idris IB, Isa ZM, Rahman RA, Mahdy ZA. The prevalence and risk factors of iron deficiency anemia among pregnant women in Malaysia: a systematic review. Frontiers in nutrition. 2022 Apr 15;9:847693.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Hitachi High-Tech Achieves CDP's Highest Score of "A List" in Water Security for the First Time

Kam Feb 8 , 2024
TOKYO, Feb 8, 2024 – (JCN Newswire via SeaPRwire.com) – Hitachi High-Tech Corporation today was selected for the 2023 “A List” by CDP(1)(headquartered in the UK), a non-governmental organization that conducts environmental research and information disclosure globally, out of more than 21,000 companies that were evaluated for their Water Security […]