Tantangan Terbesar Kebijakan Penanggulangan Pandemi Covid-19 Sinergikan Antardaerah

https: img.okezone.com content 2020 09 11 338 2275951 tantangan-terbesar-kebijakan-penanggulangan-pandemi-covid-19-sinergikan-antardaerah-XV57kjNU49.jpg

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan telah mengumumkan bahwa Pemprov DKI menarik rem darurat dengan menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total mulai Senin 14 September.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengatakan, bahwa tantangan terbesar dalam kebijakan penanggulangan Pandemi Covid-19 mensinergikan kebijakan antardaerah.

“Virus tidak mengenal wilayah, maka perlu sinergi dan harmonisasi dalam penanggulangan Covid-19,” kata Hermawan kepada Okezone, Jumat (11/9/2020).

 Baca juga: PSBB Total, Pemprov DKI Tunggu Pemerintah Pusat untuk Berlakukan SIKM

Ia berharap, PSBB total yang dilakukan DKI bisa menekan angka penularan kasus Covid-19 di Ibu Kota. Dengan begitu, PSBB berhasil memutus mata rantai penularan.

“Bila DKI mengambil sikap PSBB optimal kita berharap ada kasus perlambatan yang signifikan dan juga memutus mata rantai karena kalau dibiarkan ini akan berdampak serius dalam kehidupan di masyarakat kita,” ujarnya.

 Baca juga: Jakarta PSBB Total, Ada Dampak Baik & Buruk untuk Bogor

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, harus menjadi contoh untuk daerah lainnya dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Menurut dia, Jakarta sebagai Ibu Kota merupakan wajah dari Indonesia.

“DKI harus menjadi role model yang menjadi kota yang mampu menanggulangi Covid ini dengan baik. Karena seluruh SDM ada di kota ini. Tetapi kalau tidak maka akan menjadi negatif dan Indonesia dilihat tidak mampu menangani Covid karena kalau tidak Ibu Kota tidak mampu melewati krisis Covid ini,” ujarnya.

“Ini lah arti penting DKI menjadi contoh sukses dalam penanganan Covid dan PSBB setelah transisi adalah solusinya. Artinya PSBB optimal,” pungkasnya.

(wal)

1
1

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #PSBB Transisi Perpanjang Otomatis
  • #Virus Corona
  • #Jakarta PSBB Total
  • #Jakarta PSBB Total Lagi
  • #Gubernur Anies Rasyid Baswedan

Next Post

Yan Zhi: Promote the Entrepreneurial Spirit in Global Expansion

Jum Sep 11 , 2020
SINGAPORE, Sep 11, 2020 – (ACN Newswire) – China’s top executives from state-owned and private enterprises recently gathered for a press conference organised by China’s State Council Information Office (SCIO) in Beijing to talk about entrepreneurship and the role of innovation in the development of enterprises. The event saw participation […]