Jakarta () – Pelatih Persija Sudirman memenangkan laga debutnya di Liga 1 Indonesia 2021-2022 sebagai juru taktik kepala dengan membawa skuad "Macan Kemayoran" mengalahkan Persita dengan skor 2-1 pada pertandingan pekan ke-21, Rabu.

Dua gol Persija pada laga yang digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, itu dilesakkan oleh Ilham Rio Fahmi dan Taufik Hidayat. Sementara Persita membuat skor via Taylon Marcolino.

Kemenangan itu membawa Persija naik ke peringkat keenam klasemen sementara Liga 1 setelah mengoleksi 32 poin dari 21 pertandingan. Sedangkan Persita tertahan di peringkat kesembilan dengan 25 poin.

Persija dan Persita memulai laga dengan tempo cepat. Kedua tim saling membalas serangan dan menciptakan peluang.

Namun, Persija-lah yang pertama kali memecahkan kebuntuan. Ilham Rio Fahmi, yang mengisi posisi Marco Motta sebagai bek kanan, menendang bola masuk dari dalam kotak penalti pada menit ke-32 setelah menerima umpan di sisi kanan. Motta tak dapat bermain karena cedera.

Namun, sembilan menit kemudian Persita mampu menyamakan kedudukan berkat sepakan penyerang asal Brazil Taylon Marcolino yang memanfaatkan umpan Muhammad Kasim.

Skor imbang 1-1 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Usai turun minum, Persija kesulitan membongkar pertahanan Persita. Ketiadaan pemain sayap Riko Simanjuntak membuat skuad Macan Kemayoran tak mudah menusuk ke dalam kotak penalti lawan.

Melihat kesulitan itu, Sudirman menarik keluar penyerang Marko Simic dan menggantikannya dengan Taufik Hidayat pada menit ke-64.

Baca juga: Pelatih Persita waspadai keberadaan Sudirman di Persija 
Baca juga: Sudirman pastikan Konate tampil kontra Persita sementara Motta cedera 

Keputusan tersebut berbuah hasil positif. Lima menit berada di lapangan, Taufik mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persita, Syaeful Anwar, untuk menjebol gawang Rendy Oscario.

Setelah itu, Persita memiliki beberapa peluang, tetapi tim "Pendekar Cisadane" tak mampu mengejar ketinggalan. Persija pun menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1 dan berhak atas tiga poin.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persita: Rendy Oscario-pg, Dedy Gusmawan, Muhammad Toha (kapten), Syaeful Anwar (80', Herwin Saputra), Andre Agustiar Prakoso (60', Ade Jantra), Muhammad Kasim (80', Faris Achmad), Ricki Ariansyah, Sin Yeong-bae (74', Ahmad Nur Hardiyanto), Altalariq Ballah, Miftahul Hamdi, Taylon Marcolino (74', Rishadi Fauzi).

Persija: Andritany Ardhiyasa-pg (kapten), Ilham Rio Fahmi (77', Ichsan Kurniawan), Maman Abdurahman (31', Raka Cahyana), Otavio Dutra, Tony Sucipto, Alriyanto Nico (46', Irfan Jauhari), Makan Konate, Novri Setiawan, Osvado Haay, Rohit Chand, Marko Simic (64', Taufik Hidayat). 

Baca juga: Andritany: Semua pemain Persija sadar kondisi tim tak baik 
Baca juga: Sudirman isyaratkan Persija kurangi ketergantungan pada Riko 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2022