Status Gunung Merapi Siaga, Ratusan Warga Magelang Diungsikan

https: img.okezone.com content 2020 11 06 512 2305580 status-gunung-merapi-siaga-ratusan-warga-magelang-diungsikan-I8J3Bgvosr.jpg

MAGELANG – Mengantisipasi naiknya status Merapi menjadi Siaga, ratusan warga dari beberapa dusun di Kabupaten Magelang, hari ini Jumat (6/11/2020) telah diungsikan di posko pengungsian.

Mereka yang diungsikan kebanyakan para orang tua lanjut usia (manula) dan anak-anak yang berada di dusun terdekat dengan puncak Gunung Merapi. Diantaranya, Dusun Trono Desa Krinjing, Pugeran dan Trayem, diungsikan di Posko Pengungsian Desa Deyangan.

Sedangkan, warga Dusun Babadan, Paten Kecamatan Dukun diungsikan di Posko Pengungsian Desa Desa Banyurojo. Mereka akan mengungsi sampai kondisi Merapi dinyatakan aman.

Baca juga:

Merapi Siaga III, Sleman Tetapkan Tanggap Darurat Bencana 5-30 November 2020

Desa Berjarak 3,5 Km dari Puncak Merapi Bersiap Hadapi Erupsi

Dramatis! Ratusan Warga di Lereng Gunung Merapi Dievakuasi

Pemkab Magelang telah menyiapkan tempat pengungsian di gedung pertemuan Desa Deyangan dan Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan, dengan standar protokol kesehatan ketat.

Di dua tempat pengungsian itu, ruangan luas disekat-sekat menggunakan triplek setinggi sekitar 1,5 meter dan lebar 2 meter persegi. Masing-masing sekat, hanya bisa digunakan oleh pengungsi yang terdiri dari satu keluarga.

Salah satu pengungsi, Samini (50) mengaku merasa nyaman dengan kondisi pengungsian yang disiapkan. Sebab, semua pengungsi dipisah dengan keluarga masing-masing.

“Nyaman teng mriki, soale dipisah-pisah (nyaman di sini, soalnya dipisah-pisah),” katanya.

Samini yang tahun 2010 juga pernah mengungsi mengatakan, pembatasan dengan sekat membuat ia dan keluarganya lebih nyaman.

“Mbiyen umpel-umpelan, sakniki jembar (dulu berdesakan, sekarang lebih lebar tempatnya),” ujarnya.

(wal)

1
1

  • #Pemprov Jateng
  • #Evakuasi Merapi
  • # Kota Magelang
  • #Merapi Siaga
  • #Gunung Merapi Siaga

Next Post

Bermodal Tongsis, 2 Pelaku Rampok Pengemudi di Tol Jakarta-Merak

Sab Nov 7 , 2020
Tangerang – Seorang sopir truk dirampok saat sedang berhenti di bahu Jalan Tol Jakarta-Merak. Dalam aksinya, para pelaku menggunakan tongkat narsis (tongsis) sebagai senjata untuk merampok korbannya. “Target utama mereka adalah HP. Di mana dalam pencurian ini para pelaku menggunakan modus yang cukup unik, yaitu menggunakan alat tongsis,” Kapolsek Kelapa […]