Soal Larangan Isolasi Mandiri, Epidemiolog Setuju asal Pasien Difasilitasi

https: img.okezone.com content 2020 09 10 338 2275344 soal-larangan-isolasi-mandiri-epidemiolog-setuju-asal-pasien-difasilitasi-ZnYper5HuX.jpg

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan tengah menggodok regulasi pelarangan isolasi mandiri bagi pasien positif corona atau Covid-19. Hal itu dilakukan pasca-munculnya klaster keluarga di masyarakat.

Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani sependapat dengan rencana pelarangan isolasi mandiri tersebut, asalkan diiringi dengan kesiapan pemerintah untuk memfasilitasi para pasien.

“Saya setuju dengan Pak Anies jika mampu menyiapkan tempat-tempat isolasi seperti Wisma Atlet, rumah sakit lapangan, asrama-asrama dan sebagainya untuk mengurangi risiko penularan pada keluarga,” kata Laura kepada Okezone, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga:  Kembali ke PSBB Sebelum Transisi, Anies : Beribadah, Bekerja, dan Berkegiatan di Rumah

Menurut Laura, munculnya klaster keluarga sangat memperihatinkan apalagi tak jarang banyak anggota keluarga yang sampai meninggal akibat terinfeksi Covid-19. Karena itu, isolasi mandiri harus ditiadakan, dengan begitu masyarakat bisa tertangani dengan baik.

“Penanganannya lebih intensif untuk penyembuhan bahkan dari orang-orang tanpa gejala,” pungkasnya.

Sebelumnya Anies menjelaskan, pihaknya tengah menggodok regulasi larangan isolasi mandiri tersebut. Nantinya, isolasi pasien corona menjadi tanggung jawab pemerintah dengan tujuan agar lebih efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Larangan isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 menurut Anies jelas, karena tidak sedikit pasien positif yang memilih isolasi mandiri tapi mereka tidak mengerti sepenuhnya soal protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Kurangnya edukasi terkait hal tersebut yang malah menyebabkan virus corona menyebar ke anggota keluarga.

Baca Juga:  Anies Perbolehkan Rumah Ibadah di Perkampungan Buka saat PSBB

Karena itu, Anies berharap bisa mengeluarkan regulasi terkait larangan isolasi mandiri tersebut, tapi tetap bertanggung jawab dengan menyediakan layanan perawatan pasien positif di fasilitas kesehatan pemerintah. “Insya Allah cara ini bisa memutus rantai penyebaran,” katanya.

(Ari)

  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Pemprov DKI Jakarta
  • #anies baswedan
  • #Isolasi Mandiri

Next Post

Peristiwa 10 September: HUT TNI Angkatan Laut

Kam Sep 10 , 2020
JAKARTA – Sejumlah peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 10 September. Okezone akan mengulas beberapa peristiwa tersebut berdasarkan wikipedia : 1912 – HOS Tjokroaminoto Ubah Sarekat Dagang Islam Jadi Syarikat Islam Pada 10 September 1912, HOS Tjokroaminoto mengahadap Notaris B. Ter Kuile di Solo untuk membuat […]