Simpan Vaksin Covid-19, Jepang Siapkan 10.500 Lemari Es

https: img.okezone.com content 2020 12 10 18 2325352 simpan-vaksin-covid-19-jepang-siapkan-10-500-lemari-es-Ap7oTcRZhH.jpg

TOKYOJepang akan membeli 10.500 pendingin atau deep freezer untuk menyimpan vaksin virus Covid-19. Negara sakura itu juga sedang mempertimbangkan untuk membeli es kering (dry ice) dalam jumlah besar untuk mengamankan vaksin corona tersebut.

Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan pemerintah memiliki perjanjian untuk membeli total 290 juta dosis vaksin dari Pfizer, AstraZeneca dan Moderna. Semua vaksin ini cukup untuk 145 juta orang jika setiap orang mendapat dua suntikan sesuai kebutuhan.

Dikutip Channel News Asia, kementerian menyatakan vaksin Pfizer perlu disimpan pada suhu sekitar minus 75 derajat Celcius, dan suhu Moderna sekitar minus 20 derajat Celcius. Karena itu, keduanya harus diurus dengan cepat agar tidak menimbulkan masalah logistik.

Adapun Pfizer, Moderna dan mitra domestiknya Takeda Pharmaceutical, berencana membangun jaringan untuk menjaga vaksin pada suhu yang sesuai saat mereka didistribusikan ke warga nantinya.

Diketahui, jumlah infeksi virus korona baru di ibu kota Jepang telah mencapai 600 dalam sehari untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Tokyo Mulai Buka Sederet Fasilitas Publik dengan Adaptasi Baru

Para ahli di gugus tugas virus di Tokyo mengatakan lonjakan infeksi telah menambah beban rumah sakit. Sehingga mereka kesulitan melakukan perawatan bagi pasien biasa.

Hingga hari ini waktu setempat, Tokyo melaporkan 602 kasus baru. Sedangkan penghitungan harian untuk seluruh negara adalah 2.810 kasus baru. Jepang telah melaporkan 168.573 kasus infeksi sejak pandemi dimulai, dengan jumlah 2.465 kematian.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike juga telah mendesak warga untuk menghindari acara yang tidak penting. Terutama bagi warga lanjut usia (lansia) dan keluarga mereka. Selain itu, Tokyo telah mengeluarkan perintah agar tempat minum tutup lebih awal hingga 17 Desember mendatang.

(amr)

  • #Vaksin Antivirus Corona
  • #Vaksin Corona tiba di Indonesia
  • #Efek Samping Vaksin Covid-19

Next Post

6 Laskar FPI Tewas Ditembak, Pakar Duga Terjadi Extra Judicial Killing

Jum Des 11 , 2020
JAKARTA¬†– Pakar Hukum sekaligus Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Suteki menduga kematian 6 anggota Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM50 pada Senin 7 Desember 2020 dini hari sebagai extra judicial killing atau pembunuhan di luar pengadilan. “Saya melihat dengan terbunuhnya enam orang itu terdapat fakta diduga kuat terjadi […]