Jakarta () – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menegaskan peran kapten tim Evan Dimas sangat penting di skuadnya dengan menyebut bahwa pengalaman yang dimilikinya membantu timnas Indonesia untuk menjadi lebih baik.

"Evan banyak pengalaman bertanding di laga-laga internasional dan saya percaya dia bisa membawa timnas maju," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Kamis (9/12) malam.

Menurut Shin, sosok seperti Evan Dimas yang memiliki jam terbang tinggi bersama timnas pantas memimpin skuad "Garuda".

Evan Dimas sudah tampil untuk timnas Indonesia sejak Piala AFF tahun 2014, memperkuat timnas di SEA Games 2015, 2017 dan 2019 serta pernah pula membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013.

Evan juga pernah tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia dan berbagai pertandingan maupun turnamen internasional lain.

Baca juga: Indonesia raih kemenangan perdana Piala AFF 2020 kalahkan Kamboja 4-2

Evan ditunjuk Shin sebagai kapten timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia pun berhasil membawa skuad "Garuda" menundukkan Kamboja dengan skor 4-2 pada laga perdana mereka di Grup B Piala AFF 2020, Kamis (9/12) malam, di Stadion Bishan, Singapura.

Dua gol Indonesia dilesakkan oleh Rachmat Irianto dan sisanya dibuat Evan Dimas serta Ramai Rumakiek. Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Yue Safy dan Prak Mony Udom.

Hasil tersebut membuat Indonesia, yang tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF 2020, bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin.

Malaysia berada di peringkat pertama dengan enam poin dari dua laga. Setelah itu berturut-turut ada Vietnam di posisi ketiga, lalu Kamboja dan Laos.

Berikutnya di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berhadapan dengan Laos pada Minggu (12/12).

Baca juga: Shin turunkan sembilan pemain debutan Piala AFF kontra Kamboja
Baca juga: Shin Tae-yong yakin kualitas pertahanan timnas Indonesia membaik
Baca juga: Shin tak puas penampilan timnas meski kalahkan Kamboja dalam Piala AFF

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021