Jakarta () – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menganggap skuadnya diuntungkan oleh jadwal final Piala AFF 2020 karena memiliki waktu jeda lebih banyak dari calon lawan.

"Kami mendapatkan istirahat sehari lebih banyak. Ini bagus karena dalam semifinal kami cuma mempunyai dua hari untuk pemulihan," kata Shin dalam konferensi pers virtual, Sabtu malam tadi.

Indonesia menuntaskan laga leg kedua semifinal melawan Singapura tadi malam untuk selanjutnya ke final yang leg pertamanya dilangsungkan 29 Desember dan leg kedua pada 1 Januari 2022.

Artinya, tim Garuda memiliki waktu tiga hari penuh untuk mempersiapkan diri menuju leg pertama. Calon lawan Indonesia dalam final, Thailand atau Vietnam, baru memainkan leg kedua semifinalnya Minggu malam nanti.

"Waktu istirahat lebih banyak akan kami manfaatkan untuk mempersiapkan tim agar lebih baik," kata Shin Tae-yong.

Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura dengan skor 4-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12) malam.

Indonesia melenggang ke partai puncak karena leg pertama tuntas 1-1. Ini adalah final keenam Indonesia sepanjang keikutsertaan dalam Piala AFF setelah 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Dari lima kesempatan sebelumnya, Indonesia gagal memenangkannya.

Dalam final Indonesia akan melawan pemenang partai semifinal lainnya Thailand dan Vietnam yang akan menyelesaikan leg kedua Minggu malam nanti. Thailand memimpin 2-0 atas Vietnam.

Baca juga: Shin sebut pemain cadangan Singapura cederai fair play

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2021