Jakarta () – Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong senang dengan performa anak-anak asuhnya meski kalah 1-3 dari Universitas Yeungnam dalam laga uji coba di Daegu, Korea Selatan, Rabu.

“Secara skor kami memang kalah, tetapi secara keseluruhan pertandingan berjalan dengan baik. Tempo permainan kami semakin cepat. Saya sangat senang ada perkembangan signifikan dari para pemain,” ujar Shin, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Rabu.

Timnas U-19 sudah dua kali menghadapi Universitas Yeungnam di Korea Selatan. Sebelumnya, skuad berjuluk Garuda Nus kalah dengan skor 1-5.

Pada pertemuan terkini, laga berlangsung dalam tiga babak, di mana Indonesia kalah 0-2 pada babak pertama, imbang 0-0 pada babak kedua dan seri 1-1 pada babak terakhir.

Satu-satunya gol Indonesia ke gawang Yeungnam dilesakkan oleh Subhan Fajri melalui tendangan bebas.

Laga melawan Yeungnam tersebut menjadi pertandingan uji coba terakhir timnas U-19 di Negeri Ginseng.

Di Korea Selatan, timnas U-19 sudah menjalani sembilan kali pertandingan uji coba di Korea Selatan, sebagai bagian persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023. Hasilnya, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan meraih tiga kemenangan, dua seri dan enam kekalahan.

Pada pertandingan perdana, "Garuda Nus" kalah 1-5 dari Universitas Yeungnam, lalu takluk 0-7 dari timnas U-19 Korsel, kemudian menang atas Universitas Daegu 2-1 dan tunduk kembali dari timnas U-19 Korsel dengan skor 1-5.

Namun, Indonesia tak terkalahkan pada tiga laga terakhirnya, di mana mereka menahan seri Gimcheon Sangmu FC 2-2, mengandaskan Pohang Steelers pada pertemuan pertama, 2-0 dan mengalahkan Universitas Kyungil 2-1. “Garuda Nus” tunduk 1-5 dari Pohang Steelers dan, terakhir, kandas 1-3 di hadapan Universitas Yeungnam.

Berikutnya, timnas U-19 dijadwalkan kembali ke Indonesia via Seoul. Setelah itu, timnas U-19 akan berangkat ke Prancis untuk mengikuti Piala Toulon.

“Pada tanggal 29 Mei 2022 kami mengikuti Piala Toulon. Saya memang fokus untuk membentuk fisik timnas U-19 dan meningkatkan kemampuan dasar bermain bola. Awal tahun depan (2023-red) kami pasti lebih kuat. Saya mohon para penggemar untuk selalu mendukung kami,” tutur Shin.

Baca juga: Shin nilai performa timnas U-19 membaik usai seri 2-2 lawan Gimcheon
Baca juga: Timnas U-19 tetap berpuasa selama pemusatan latihan di Korea Selatan
Baca juga: Shin Tae-yong fokus benahi fisik timnas U-19

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2022