Separuh Narapidana Rutan Depok Dapat Remisi

https: img.okezone.com content 2020 08 18 338 2263594 separuh-narapidana-rutan-depok-dapat-remisi-qCZqY7UClk.jpg

DEPOK – Hari Ulang Tahun RI ke 75, ratusan narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Kota Depok, mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan, sedangkan 14 WBP lainya dinyatakan bebas dan satu orang mendapatkan program asimilasi di rumah.

Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 A Kota Depok, Dedy Cahyadi mengatakan dari 1500 penghuni rutan sebanyak 720 WBP yang mendapatkan remisi harus memenuhi syarat tertentu yang sudah tetapkan Kementrian Hukum dan HAM.

“HUT RI tahun ini ada 720 WBP mendapatkan remisi yang bervariasi, kalau warga binaan yang masuk kategori RU 2 (14 warga binaan), harus menjalani atau membayarkan subsidernya maka dia bisa langsung pulang,” kata Dedy didampingi KPR Agung dan Kepala Admistrasi Mahardi di Rutan Depok, Senin, (17/8/ 2020).

Menurut Dedy, Saat ini pihaknya tengah menunggu keputusan dari pihak Kementerian yang sudah diusulkan sebelumnya. Jika itu krluar tak menutup kemungkinan jumlah WBP yang mendapatkan remisi bertambah.

“Jadi ini belum final, masih ada potensi bertambah warga binaan yang mendapat remisi,” imbunya.

Baca Juga : 309 Napi Lapas dan Rutan Pekalongan Dapat Remisi Kemerdekaan

Adapun syarat lainya untuk terpidana kasus kategori PP 99 seperti narkoba, korupsi, terorisme. Lanjut Dedy, salah satunya harus persyaratan Justice Colaborator (JC). Jika itu terpenuhi maka WBP tersebut baru bisa mendapatkan masa potongan tahanan.

“Nanti kita akan pajang siapa saja yang dapat remisi. karena ini belum selesai Minggu depan kemungkinan kita keluarkan susunannya. Sementara untuk tahanan anak, ada 25 orang lebih, kita tunggu vonis dan eksekusinya turun untuk diusulkan,” pungkasnya.

(aky)

  • #Hari Kemerdekaan
  • #Rutan Depok
  • #HUT Ke-75 RI
  • #HUT Kemerdekaan RI
  • #Remisi Kemerdekaan


Loading…

Next Post

Mahfud Ungkap Islam Wasathiyah Cocok Bagi Bangsa Indonesia

Sel Agu 18 , 2020
Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD perlunya pengetahuan terkait Islam Wasathiyah. Mahfud menilai Islam Wasathiyah ini cocok di Indonesia. “Alhamdulillah buku Fikih Kebangsaan seri III diluncurkan. Isi buku ini, memaparkan hubungan Islam dan negara. Memang perlu disebarluaskan wacana keilmuwan Islam Wasathiyah. Islam jalan […]