Senin Pekan Depan, 5 Calon Kapolri Akan Diserahkan DPR RI Untuk Uji Kepatutan dan Kelayakan

https: img.okezone.com content 2021 01 09 337 2341423 senin-pekan-depan-5-calon-kapolri-akan-diserahkan-dpr-ri-untuk-uji-kepatutan-dan-kelayakan-vkCVU0uiky.jpg

JAKARTA – Lima nama jenderal sebagai calon kuat Kapolri baru telah diserahkan Kompolnas kepada Presiden Joko Widodo.

Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD membenarkan bahwa nama lima jenderal bintang tiga tersebut sudah ada ditangan presiden.

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar, dan Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, ada nama Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Setelah diterima presiden Jokowi, nantinya para jenderal tersebut akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR RI.

Sejauh ini nama-nama tersebut belum diserahkan oleh Presiden Jokowi kepada DPR RI.

Namun berdasarkan informasi yang diterima MNC Portal pada Jumat (8/1/2021) kemarin, Presiden Jokowi akan menyerahkan kelima nama tersebut pada Senin 11 Januari 2020. Disaat yang sama, DPR juga akan membuka masa sidang III tahun 2020-2021.

Sebagai informasi, masa jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis akan habis pada 1 Februari 2021. Berdasarkan aturan perundang-undangan Presiden harus mengajukan calon pengganti ke DPR 20 hari sebelum masa bakti Kapolri selesai.

(kha)

  • #DPR
  • #Bursa Kapolri
  • #kapolri
  • #polri

Next Post

Penjelasan Mengapa Penembakan Anggota Laskar FPI Dikategorikan Pembunuhan di Luar Hukum

السبت يناير 9 , 2021
JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) menilai peristiwa penembakan terhadap anggota FPI terindikasi tindakan unlawful killing atau pembunuhan yang terjadi di luar hukum. Temuan tersebut didapat berdasarkan hasil pemantauan dan tim penyelidikan Komnas Ham yang disampaikan pada Kamis (8/1/2021) kemarin. Ketua Tim Penyelidikan sekaligus Komisioner Komnas HAM […]