Sengitnya Pertarungan Trump vs Biden, 6 Negara Bagian Ini Jadi Penentu!

https: img.okezone.com content 2020 11 05 18 2304362 sengitnya-pertarungan-trump-vs-biden-6-negara-bagian-ini-jadi-penentu-fNGb1RefJa.jpg

WASHINGTON DC – Hasil penghitungan suara pemilihan presiden Amerika Serikat, antara Donald Trump dan Joe Biden, menunjukkan persaingan sengit di sejumlah negara bagian kunci.

Namun hasil diperkirakan akan ditentukan oleh puluhan juta suara lewat pos yang belum dihitung.

Sejauh ini menunjukkan hasil sangat ketat di negara bagian penting, Arizona, Georgia, Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania.

Donald Trump menang di sejumlah negara bagian penting seperti Florida, Ohio dan Texas, namun ia perlu menang di sejumlah negara bagian penting untuk bisa berkuasa selama empat tahun lagi.

Joe Biden juga perlu meraih suara lebih banyak lagi. Namun tidak ada yang sejauh ini bisa dipastikan menang.

Negara bagian yang belum mengumumkan hasil:

Arizona: Biasanya dipegang oleh Partai Republik namun menjadi negara bagian menentukan tahun ini. Biden unggul dengan sekitar 83% suara yang dihitung dan sejumlah jaringan media AS telah menyatakan kemenangan Biden. Namun BBC belum dapat memastikan.

Georgia: Negara bagian yang biasanya dipegang Republik juga namun sangat ketat tahun ini. Trump unggul tipis sejauh ini namun pemungutan suara di Atlanda dan sekitarnya masih dihitung. 

Nevada: Biden menghadapi persaingan lebih ketat dari yang diperkirakan. Saat ini memimpin tipis.

Wisconsin: Kawasan Midwestern yang dipertaruhkan dengan dukungan kepada Demokrat selama dua dekade sebelum memilih Trump pada 2016. Biden memimpin dengan hampir semua suara dihitung. 

Michigan: Persaingan antara Biden dan Trump benar-benar ketat namun banyak suara dari kawasan yang cenderung ke Demokrat seperti Detroid, belum dihitung. 

Pennsylvania: Negara bagian ini memiliki 20 suara elektoral dan merupakan daerah pemilihan penting. Trump memimpin sejauh ini namun banyak surat suara melalui pos belum dihitung dan hasilnya diperkirakan baru muncul Jumat (06/11). Pihak Republik bersiap mengajukan kasus legal dari negara negara bagian ini.

Berbicara dari Gedung Putih pada Selasa malam, Trump mendeklarasikan kemenangan dan mengatakan akan meluncurkan gugatan lewat Mahkamah Agung terkait suara lewat pos, tanpa memberikan bukti apapun.

Baca juga: Biden Memimpin di Wisconsin dan Michigan, Trump Meradang

“Sejujurnya kami telah memenangi pemilihan ini,” katanya di Gedung Putih. “Jelas kami sudah menang di Georgia dan North Carolina. Kita menang di Pennsylvania dengan jumlah luar biasa,” tambahnya.

“Ini memalukan negara kita,” ujarnya, seraya menambahkan rencana untuk menggugat hasil pemilu di Mahkamah Agung.

Wakil Presiden Mike Pence mencoba untuk menetralisir pernyataan Trump dan menolak mendeklarasikan kemenangan dan menekankan bahwa semua suara suara yang masuk secara legal akan dihitung.

Tim kampanye Biden mengatakan pernyataan Trump yang mempertanyakan legitimasi suara yang belum dihitung, “keterlaluan, belum pernah terjadi dan tidak benar.”

Joe Biden, dalam pidato di hadapan para pendukungnya di Delaware, mengatakan “tahun ini akan berjalan panjang”.

“Tapi siapa tahu kita bisa bertarung mungkin sampai besok pagi, mungkin lebih lama!”cetus Biden.

“Ini belum selesai sampai semua suara, semua kertas suara dihitung,” katanya dan menyebutkan bahwa “ia berada dalam jalur untuk menang.”

1
2

  • #Pilpres AS
  • #Pilpres AS 2020
  • #Joe Biden
  • #Donald Trump

Next Post

Heboh Buaya 2,3 Meter Terperangkap di Keramba Ikan

Kam Nov 5 , 2020
TAPSEL – Seekor buaya air tawar terperangkap ke dalam keramba ikan milik warga Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Buaya berukuran 2,3 meter ini masuk ke keramba lantaran mencoba memangsa ikan. Warga Kelurahan Rianiate, Danau Siais, Kecamatan Angkola Sangkunur, dihebohkan dengan penemuan seekor buaya air tawar di keramba ikan. Penemuan reptil yang diperkirakan berusia 3 tahun ini […]