Selidiki Penembakan Laskar FPI, Propam Cek Apakah Tindakan Polisi Sesuai SOP

https: img.okezone.com content 2020 12 09 337 2324221 selidiki-penembakan-laskar-fpi-propam-cek-apakah-tindakan-polisi-sesuai-sop-DodLYmjoyP.jpg

JAKARTA – Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri telah membentuk tim khusus untuk menyelidiki langkah anggota kepolisian yang melakukan penembakan terhadap anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo mengatakan, bahwa dalam pembentukan tim khusus tersebut pihaknya akan melihat apakah tindakan yang diambil kepolisian sesuai dengan aturan. “Tim Propam ini nantinya akan memastikan apakah tindakan anggota Polda Metro Jaya sudah sesuai,” kata Ferdy dalam keterangan resminya, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga:  Fadli Zon Sayangkan Jenazah Laskar FPI Diautopsi Tanpa Izin Keluarga

Aturan yang dimaksud Ferdy adalah, Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Perkap Nomor 8 tahun 2009 Tentang Implementasi Prinsip Dan Standar Hak Asasi Manusia Dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“(Juga) Perkap 8 Tahun 2009 berdasarkan hukum Internasional yaitu Basic Principal of Human Right of United Nation for Law Enforcement Agency_ berlaku untuk penegak hukum di seluruh dunia,” ungkapnya.

 

Sejauh ini tambah Ferdy, tim Propam masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. Ia memastikan penyelidikan dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sesuai arahan Kapolri, tim harus optimal, cepat dan yang paling penting hasilnya transparan dan akuntabel serta mampu menjawab keraguan publik,” tandasnya.

Baca Juga:  Laskar FPI Tewas Ditembak, Keluarga Tuntut Hukum Ditegakkan Secara Benar

Adapun tim khusus itu sendiri diisi oleh 30 anggota yang dikomandoi oleh Karopaminal Brigjen Pol H Hendra Kurniawan.

(Ari)

  • #habib rizieq
  • #Propam
  • #polri
  • #Laskar FPI Ditembak
  • #FPI

Next Post

Hari Ini, Pencoblosan Pilkada Serentak 2020 Digelar di 270 Daerah

Rab Des 9 , 2020
JAKARTA – Sebanyak 270 wilayah di Indonesia hari ini akan melangsungkan pemilihan kepala daerah secara serentak. Dari 270 daerah itu, terdiri dari 9 Provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Keputusan pelaksanaan Pilkada ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2020 tentang ‘Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil […]