Padang, () – Sebanyak 24 pelatih telah menyelesaikan kursus pelatih modul III Lisensi A Diploma PSSI yang digelar di Kota Padang.

Pelatih PPLP Padang Dedi Umar mengatakan banyak ilmu yang diterima dan didapatkan selama mengikuti kursus Lisensi A Diploma PSSI tersebut. 

"Alhamdulillah, kursus telah berakhir dengan lancar. Saya pribadi, dan mungkin kawan-kawan pelatih lainnya, menerima banyak hal baru menyangkut ilmu kepelatihan sepak bola sekarang," kata Dedi di Padang, Senin.

Menurut dia, perkembangan ilmu kepelatihan sepak bola modern terus berkembang.

"Sepak bola itu dari waktu ke waktu berkembang terus. Kalau kita tidak belajar dan belajar intens dalam mengikuti perkembangannya, pasti akan tertinggal. Apalagi sekarang tren sepakbola Eropa dan dunia," ujar Dedi. 

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk memahami sepak bola profesional, para pelatih harus merancang sebuah program dengan analisis pertandingan, yang terdiri dari analisis tim sendiri, kemudian analisis tim lawan yang akan dihadapi.

"Misal, tim kita akan uji coba. Analisa dulu kelemahan maupun kekuatan tim kita sendiri, lalu analisa kemampuan calon lawan. Setelah ada data-datanya, baru dirancang program latihan. Kita mau memainkan game play seperti apa, ya, dari data-data tim sendiri dan lawan itu," tutur Dedi. 

Sementara itu, pelatih Akademi Semen Padang Hengki Ardiles menuturkan kursus tersebut telah berakhir, dan sesi terakhir dilalui peserta dengan ujian materi serta praktek.

"Melelahkan, tapi harus dijalani. Banyak yang kami terima. Kami dapat ilmu-ilmu baru dalam melatih," ungkap Hengki.

Kursus pelatih sepak bola Lisensi A Diploma PSSI telah berlangsung tiga bulan, dengan setiap modul digelar selama dua pekan.

Modul 1 pada 21 Juni-3 Juli 2021. Kemudian modul II pada akhir Juli hingga awal Agustus dan ditutup dengan modul III dari 22 Agustus sampai 5 September 2021.

Dua Instruktur Pelatih yang ditugasi PSSI, yakni Emral Abus dan Yeyan Tumena, secara intensif membimbing 24 pelatih dalam kursus tersebut.

Selain Dedi Umar dan Hengki, beberapa pelatih Sumbar lainnya yang juga mengikuti kursus tersebut, yaitu Hendra Susila dan Dian Rama Saputra. Lalu, ada pula sejumlah sosok terkenal mantan pesepak bola profesional sekaligus anggota timnas Indonesia, di nya Danilo Fernando, Gendut Doni, Isnan Ali dan lain-lain.

Secara keseluruhan, 24 peserta kursus kepelatihan di Padang itu, lain Hendra Susila, Akhyar Ilyas, Dwi Priyo Utomo, Sansan Susanpur, Siswantoro, Yayat R Hidayat, Mial B. Armand, Reswandi, I Wayan Sukadana, Gendut Doni C dan Danilo Fernando. 

Kemudian, Dian Rama Saputra, Hengki Ardiles, Ilham Romadhona, Khusnul Yakin, Ricky Riskandi, Wasyiatul Akmal, Zuchli Imran Putra, Ahmad Amiruddin, Dedi Umar Putra, Dicky Firasat, FX Yanuar Wahyu Prihantono, Isnan Ali dan Erwan Hendarwanto. 

Baca juga: Kompetisi belum jelas, gelandang Persita ambil kursus kepelatihan 
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021