SeABank menyelesaikan rencana bisnis 2023: pertumbuhan CASA yang mencolok, NPL terkendali

(SeaPRwire) –   Southeast Asia Commercial Joint Stock Bank (, kode saham: SSB) mengumumkan hasil bisnis 2023 dengan pertumbuhan yang cukup besar: CASA meningkat menjadi 11,5%; Peningkatan bersih dalam utang yang luar biasa dan mobilisasi berturut-turut naik 16,76% dan 25,35% YoY; NPL dikendalikan di 1,94%; EBT mencapai lebih dari 189,4 juta US$

HANOI, Vietnam, 7 Februari 2024 — Mempertimbangkan konteks ekonomi global dan domestik yang tidak stabil, hasil ini menunjukkan transformasi bisnis SeABank yang fleksibel, berfokus pada teknologi digital, pengembangan kredit hijau, dan peluncuran produk-produk baru yang mengenakan biaya.


Hingga akhir 2023, total aset SeABank mencapai US$10,9 miliar, tumbuh 15% YoY; Modal inti meningkat menjadi US$1 miliar, naik 22,32% YoY. Sumber keuangan yang kuat meningkatkan kapasitas modal SeABank dan memudahkan Bank untuk mempromosikan teknologi digital dan mengoptimalkan teknologi, dengan demikian membawa produk dan layanan yang mudah, beserta pengalaman positif.

Upaya Bank dalam mendiversifikasi produk, meningkatkan kualitas layanan, melakukan penjualan berbagai produk, begitu juga mengiklankan aplikasi teknologi, telah menarik lebih dari 3 juta pelanggan yang bertransaksi di SeABank. Pada tahun 2023, Bank mencatat lebih dari 32,3 juta transaksi digital (naik 157% YoY), lebih dari 71% dari akun yang baru dibuka terdaftar secara online melalui eKYC. Ini menggambarkan upaya Bank untuk menarik pelanggan baru sambil mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dengan demikian meningkatkan mobilisasi hingga US$5,9 miliar pada tahun 2023, naik hampir 125,4% YoY. CASA terus meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang merupakan 11,5% dari total deposit. Sebagai tambahan, total utang luar biasa SeABank hampir mencapai US$7,4 miliar, meningkat lebih dari 116% YoY.

Dengan tujuan mendukung pelanggan selama periode pemulihan ekonomi, SeABank telah menerapkan banyak kebijakan istimewa seperti pengurangan suku bunga dan biaya, paket pinjaman istimewa dengan batas triliunan VND, dll. Pada tahun 2023, total jumlah bunga yang dikurangi untuk pelanggan yang sudah ada telah mencapai US$16,7 juta.

Meskipun terdapat tantangan, SeABank telah berhasil mengelola dengan aman dengan NPL yang dikendalikan di bawah 2% (khususnya 1,94%), berkat proaktiifnya dalam menggunakan sumber daya untuk menutupi, mengendalikan, dan memulihkan hutang buruk. Di samping itu, rasio cadangan likuiditas bank mencapai 20,2% dan rasio solvabilitas 30-hari VND mencapai 67,56%.

Upaya ini telah menghasilkan EBT lebih dari US$189,4 juta, menyelesaikan rencana bisnis 2023, setara dengan ROE 13,03%.

Pada tahun 2023, Moody terus menilai SeABank di Ba3 untuk deposit jangka panjang dalam dan luar negeri dan peringkat penerbit, sambil mempertahankan peringkat BCA pada B1 dengan Prospek Stabil, menunjukkan peningkatan tingkat kecukupan modal SeABank.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Carota dan F.LAB Membangun Aliansi Strategis untuk Memperkuat Daya Saing Smart Cockpit

Rab Feb 7 , 2024
(SeaPRwire) –   TAIPEI, 7 Feb 2024 — Carota, penyedia global pemutakhiran Over-The-Air (OTA) otomotif dan solusi diagnostik jarak jauh, mengumumkan aliansi strategis dengan F.LAB, sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam teknologi kokpit pintar. Aliansi ini akan mengintegrasikan layanan F.LAB ke dalam portofolio produk Carota, semakin meningkatkan […]