Renungan Suci HUT RI di TMP Kalibata, Jokowi Beri Hormat ke Para Pahlawan

https: img.okezone.com content 2020 08 17 337 2263206 renungan-suci-hut-ri-di-tmp-kalibata-jokowi-beri-hormat-ke-para-pahlawan-BtqPdbZE4A.jpg

JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh pahlawan dan pejuangan yang berjuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara pada apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

“Begitupun para pahlawan tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, didusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan didasar-dasar lautan kami nyatakan hormat sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Jokowi.

Selain memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal dan diketahui lokasi gugurnya, Jokowi juga memberikan penghormatan kepada pahlawan yang disemayamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Setidaknya ada 10.102 pahlawan yang dikubur di TMP Kalibata. Antara lain, pahlawan dari TNI-Polri sebanyak 9. 131, badan perjuangan 877 pahlawan, tokoh nasional 51, dan tidak dikenal 43 pahlawan.

“Kami yang hadir hari ini Senin 17 Agustus 2020 pukul 00.00 pada Upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini,” tutup Jokowi.

(kha)

  • #Jokowi Presiden
  • #Hari Kemerdekaan
  • #HUT Ke-75 RI
  • #TMP Kalibata


Loading…

Next Post

Pengendara Mengaku Penutupan Arah Puncak Hingga 11 Jam Baru Pertama Terjadi

Sen Agu 17 , 2020
Kabupaten Bogor – Penutupan arus lalu lintas (lalin) arah puncak saat libur panjang HUT ke 75 Republik Indonesia membuat pengendara terjebak sampai belasan jam di Tol Ciawi. Kejadian itu Disebut terjadi untuk yang pertama kali. Salah satu pengendara mobil, Alfiani (25), sering bolak balik Jakarta-Puncak karena orang tua ada di […]