Pusat Studi Jepang UI Jadi Tempat Isolasi OTG Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 12 26 338 2334019 pusat-studi-jepang-ui-jadi-tempat-isolasi-otg-covid-19-bg68V4lk7M.jpg

DEPOK – Kota Depok kembali memiliki lokasi isolasi bagi pasien Covid-19 orang tanpa gejala (OTG). Lokasinya berada di area kampus Universitas Indonesia (UI) tepatnya di Pusat Studi Jepang Fakultas Ilmu Budaya (PSJ FIB). Di sana sebelumnya pernah digunakan sebagai homestay bagi tenaga kesehatan dan relawan Covid-19.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, kapasitas tempat tidur di sana tersedia bagi 40 orang. Didukung pula dengan SDM sebanyak delapan orang tenaga kesehatan yang siap sedia 1 x 24 jam.

“PSJ UI sudah mulai bisa digunakan. Jadi silakan kepada warga yang akan melakukan isolasi silakan menghubungi Puskesmas atau menghubungi satgas untuk kita fasilitasi untuk melakukan instalasi di tempat tersebut. Tentunya, hal ini kami menyiapkan sarana prasarana makan minum dan juga kegiatan-kegiatan lainnya dilaksanakan secara diberikan layanannya secara cuma-cuma,” katanya, Jumat (25/12/2020).

Untuk menekan jumlah penyebaran di klaster keluarga, pihaknya berupaya memisahkan antara pasien positif dengan nagatif. Jika tidak maka penyebaran akan makin sulit dikendalikan.

“Langkah yang kita lakukan karena perlu pemisahan antara yang memisahkan antara yang positif dengan negatif terutama yang ada di kelas dan keluarga. Pada hari ini bagi seluruh warga silakan bagi rumah-rumah yang mungkin kurang representatif melakukan isolasi mandiri itu bisa isolasi di tempat khusus yang ada di guest house di PSJ,” paparnya.

Baca Juga : Epidemiolog Prediksi Virus Corona Varian Baru Sudah Masuk Indonesia

Dadang menyebutkan kebutuhan pemenuhan kapasitas bagi OTG memang sangat tinggi. Saat ini setidaknya diperlukan sekitar 2.100 tempat tidur bagi OTG. Namun yang baru mampu disediakan kurang dari 10 persen dari total OTG.

(erh)

  • #depok
  • #Kota Depok
  • #OTG
  • #OTG Covid-19
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

KPU tunggu 1.284 pengganti surat suara rusak pilkada Boven Digoel

Sab Des 26 , 2020
-Komisi Pemlihan Umum (KPU) Papua selaku KPU Kabupaten Boven Digoel masih menunggu ribuan lembar surat suara, sebagai pengganti surat yang rusak. Saat ini surat suara pengganti sedang dalam proses percetakan di pabrikan Surabaya. Kerusakan yang di temukan dinya, adanya sobekan, bercak tinta pada foto paslon, warna pudar dan kotor. (Laksa Mahendra/Fahrul […]