Jakarta () – PSSI memastikan identitas empat pemain luar negeri yang diajukan pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Senin (15/11), mengonfirmasi bahwa keempat sosok tersebut adalah Jordi Amat (kini warga negara Spanyol), Sandy Walsh (Belanda), Kevin Diks (Belanda) dan Mees Hilgers (Belanda).

"Empat nama itu sudah diajukan. Namun, saya tidak bisa memastikan apakah mereka nantinya bisa memperkuat timnas Indonesia atau tidak. Kami harus melakukan pengkajian, melihat regulasi dan lain-lain," kata Iriawan.

Selain itu, PSSI juga harus memastikan kesediaan sang pemain untuk memperkuat skuad Garuda.

Belum lagi soal penelusuran garis keturunan yang dapat menjadi penentu diperkenankan tidaknya sang pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

"PSSI pasti akan mengumumkan lebih lanjut jika ada perkembangan terkait hal tersebut," kata Iriawan menambahkan.

Sementara terkait posisi semua pemain di atas yang merupakan bek, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bahwa hal tersebut sesuai permintaan Shin yang fokus membenahi kualitas pertahanan timnas.

"Shin membutuhkan pemain yang dapat menghalau bola mati dan tinggi badan cukup penting untuk itu," tutur Iriawan.

Dari empat pemain yang dilirik Shin Tae-yong, Jordi Amat tercatat sebagai yang tertua dengan usia 29 tahun. Jordi, seorang bek tengah bertinggi badan 1,84 meter, saat ini bermain di Liga Belgia bersama klub KAS Eupen.

Baca juga: Egy: Timnas langsung fokus ke laga kontra Afghanistan dan Myanmar

Sementara Sandy Walsh adalah bek kanan setinggi 1,85 meter berumur 26 tahun yang juga merumput di Liga Belgia, tetapi untuk klub KV Mechelen.

Lalu Kevin Diks, seorang bek kanan FC Copenhagen di Liga Denmark. Berusia 25 tahun, Kevin bertinggi badan 1,82 meter.

Terakhir, Mees Hilgers, masih berumur 20 tahun dan kini membela FC Twente di Liga Belanda. Mees biasa mengisi sektor bek tengah.

Timnas Indonesia sendiri saat ini berada di Turki untuk menjalani persiapan Piala AFF 2020. Di Turki, skuad "Garuda" akan menghadapi dua laga uji coba internasional FIFA yaitu kontra Afghanistan, Selasa dan Myanmar, Kamis (25/11).

Selepas dari Turki, timnas akan langsung berangkat ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020.

Di turnamen itu, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdana pada 9 Desember kontra Kamboja, lalu menghadapi Laos pada 12 Desember, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia, 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat ln pandemi COVID-19.

Baca juga: Shin: timnas bisa juarai Piala AFF jika mental seperti kontra Taiwan
Baca juga: Elkan Baggott tak kesulitan berkomunikasi di timnas Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © 2021