Jakarta () – PSM Makassar dipastikan selamat dari ancaman degradasi setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor tipis 1-0 pada laga pekan ke-33 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Jumat malam.

Satu-satu gol Pasukan Ramang dipersembahkan oleh Ferdinand Sinaga, sekaligus gol perdananya di Liga 1 musim ini.

Pada babak pertama, Persiraja membuka peluang pertama lewat Akhirul Wadhan dengan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi masih bisa digagalkan kiper PSM Syaiful Syamsuddin.

PSM ganti membalas pada menit ke-20 dengan tendangan jarak jauh Yakob Sayuri yang nyaris membobol gawang Laskar Rencong jika tak mengenai tiang gawang.

Pada menit ke-40, Persiraja kembali mendapatkan peluang lewat M Rifaldi, tetapi wasit menyatakan posisi sudah "offside".

Semenit berselang, akhirnya Juku Eja bisa membobol gawang Persiraja lewat Ferdinand Sinaga yang sukses memaksimalkan umpan akurat Yakob Sayuri.

Gol yang tak bisa diantisipasi kiper Persiraja Aji Bayu Putra itu membuat skor menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada tambahan gol dari kedua tim sehingga sementara PSM unggul dengan satu gol tanpa balas.

Pada babak kedua, kedua tim masih belum menurunkan tensi serangan, terutama Persiraja yang ngotot membalaskan golnya, tetapi belum mampu menembus pertahanan PSM.

Demikian pula, PSM terus mencoba mengunci kemenangan dengan satu gol lagi, namun pertahanan Persiraja juga tak mudah untuk dibobol.

Namun, Persiraja justru harus kehilangan satu pemainnya, yakni Akhirul Wadhan setelah diganjar kartu merah di menit-menit jelang berakhirnya laga.

Pertandingan akhirnya ditutup dengan kemenangan PSM 1-0 yang menyelamatkan skuad asuhan Joop Gall dari bayang-bayang degradasi.

Tambahan tiga poin membuat PSM menempati posisi ke-12 klasemen sementara Liga 1 2021/2022 dengan perolehan 38 poin yang tak mungkin lagi bisa dikejar Persipura yang mengoleksi 33 poin, sementara Persiraja sudah terdegradasi.

Berikut susunan pemain:

PSM Makassar: Syaiful Syamsuddin; Yance Sayuri, Erwin Gutawa, Ganjar Mukti, Dallen Ramadhan, Manda Cingi, Rasyid Assahid, Muhammad Arfan, Yakob Sayuri, Ferdinan Sinaga, Willem Jan Pluim.

Pelatih: Joop Gall.

Persiraja Banda Aceh: Aji Bayu Putra; Eriyanto, Mohammad Chairul, Leonardo Silva Lelis, Rendy Saputra, Alvin Abdul, Mohammad Rifaldi, Assanur Rijal, Bruno Dybal, Arya Putra, Akhirul Wadhan.

Pelatih: Sergio Alexandre.

Baca juga: Bali United dipastikan juara Liga 1
Baca juga: Imbang lawan Persik Kediri kubur asa juara Persib Bandung
Baca juga: Gol tunggal Slamet Nurcahyo bawa Madura United kalahkan Borneo FC

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2022