Polda Jatim Tegaskan Peserta Pilkada Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 09 12 519 2276547 polda-jatim-tegaskan-peserta-pilkada-wajib-patuhi-protokol-kesehatan-covid-19-2bPVht9uMT.jpg

KOTA BATU – Polda Jawa Timur mengingatkan penerapan protokol kesehatan Covid-19, harus dipatuhi secara ketat dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Kapolda Jawa Timur Irjen Muhammad Fadil Imran mengungkapkan, bila penerapan protokol kesehatan dterapkan supaya tak muncul klaster baru penyebaran virus corona.

“Untuk menghindari klaster Pilkada, agar mempersiapkan tahapan Pilkada dengan protokol kesehatan secara ketat,” ucap Fadil, saat memberikan arahan Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, di Kota Batu, Jumat 11 September 2020.

 Pilkada

Pihak kepolisian sendiri telah berkoordinasi dengan elemen penyelenggara Pilkada maupun peserta Pilkada serentak 2020 untuk meminimalisir potensi penyebaran virus corona.

Terlebih ada beberapa calon peserta Pilkada serentak 2020 yang dikonfirmasi positif Covid-19. Ia berharap penularan tak terjadi ke banyak orang selama proses tahapan – tahapan Pilkada dilalui di tiap – tiap daerah.

“Saya minta tolong kepada kepala daerah, jangan sampai nanti ada penularan. Jawa Timur telah melakukan deklarasi untuk patuh protokol kesehatan,” tegas Fadil

 

Pemerintah daerah, lanjut Fadil, diharapkan bisa melakukan sinkronisasi Instruksi Presiden (inpres) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Harus melakukan sinkronisisasi inpres, supaya seiring, agar pilkada berkualitas, dan sehat,” kata Fadil.

Sebagai informasi di wilayah Jawa Timur ada sebanyak 19 kabupaten kota yang akan menggelar Pilkada serentak. Sebanyak 19 kabupaten kota tersebut adalah, Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri. Dari 19 wilayah tersebut, terdapat 41 bakal pasangan calon yang akan maju pada Pilkada 2020.

Hingga saat ini, di Provinsi Jawa Timur tercatat ada sebanyak 37.455 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 29.562 orang dinyatakan sembuh, 2.717 orang dilaporkan meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

1
2

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Pilkada Serentak
  • #Kapolda Jatim Irjen Muhammad Fadil
  • #Polda Jatim
  • #Pilkada 2020

Next Post

Jakarta PSBB Total, DPRD Yakin untuk Kepentingan amp; Keselamatan Warga

Sab Sep 12 , 2020
JAKARTA – Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani menilai keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang menarik rem darurat dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total sudah tepat. Menurut dia, kebijakan tersebut lantaran kasus penularan Covid-19 di Ibu Kota signifikan. Alhasil, kapasitas rumah sakit hampir penuh dengan […]