Pohon Natal Raksasa Dibakar dalam Demonstrasi Memprotes Pembunuhan oleh Polisi di Albania

https: img.okezone.com content 2020 12 10 18 2325415 pohon-natal-raksasa-dibakar-dalam-demonstrasi-memprotes-pembunuhan-oleh-polisi-di-albania-nK6JieDaGG.jpg

TIRANA – Kerumunan pengunjuk rasa di Albania bersorak setelah menghancurkan pohon Natal besar di Ibu Kota Tirana di tengah demonstrasi memprotes kematian seorang pria yang ditembak polisi karena diduga melanggar jam malam Covid-19.

Rekaman yang di-posting online menunjukkan para demonstran membakar pohon Natal itu sebelum mendorongnya. Media lokal melaporkan bahwa beberapa orang melemparkan proyektil ketika kerumunan berkumpul di luar kementerian dalam negeri dan kantor perdana menteri.

BACA JUGA: Seorang Pelaku Tewas dalam Aksi Perampokan Nekat di Bandara Albania

Diwartakan RT, para pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri Menteri Dalam Negeri Sander Lleshaj, yang mengatakan bahwa polisi sedang menyelidiki keadaan seputar pembunuhan Klodian Rasha oleh petugas pada Selasa (8/12/2020).

Awalnya, polisi mengatakan Rasha tidak berhenti saat diperintahkan dan membawa senjata, namun kemudian mengubah keterangan itu. Petugas yang terlibat dalam penembakan itu telah ditangkap dan penyelidikan tengah dilakukan.

Dua petugas polisi, seorang demonstran, dan seorang jurnalis dilaporkan terluka dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan penegak hukum pada Rabu (9/12/2020). Polisi menembakkan gas air mata dalam upaya membubarkan kerumunan yang berkumpul dan melanggar pembatasan Covid-19.

BACA JUGA: Menantu dan Besan Perdana Menteri Albania Jadi Korban Tewas Gempa

Pembatasan Covid-19 Albania saat ini mencakup batasan 10 orang berkumpul sekaligus, penggunaan masker wajah dan jam malam wajib.

Dalam 24 jam terakhir, 752 kasus Covid-19 baru dilaporkan oleh pejabat Albania, menjadikan jumlah total kasus yang dikonfirmasi di sana selama pandemi menjadi 44.436. Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa 15 orang lagi telah meninggal akibat virus tersebut, sehingga jumlah kematian menjadi 936.

(dka)

  • #Pohon Natal
  • #Albania

Next Post

Kapolri Mutasi 8 Pati Polri, Berikut Daftarnya

Jum Des 11 , 2020
JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan mutasi jabatan terhadap para perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di institusi yang dipimpinnya. Salah satu yang kena mutasi adalah Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono yang diangkat menjadi Wagub Akpol Lemdiklat Polri. Posisi Karopenmas yang kosong selanjutnya akan ditempati […]