Pilkada 2020, Epidemiolog Ingatkan Potensi Lonjakan Covid-19 Sebulan ke Depan

https: img.okezone.com content 2020 12 10 337 2324874 pilkada-2020-epidemiolog-ingatkan-potensi-lonjakan-covid-19-sebulan-ke-depan-WsfwMpi7ow.jpg

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelenggarakan Pilkada 2020, yang berlangsung di 270 daerah se-Indonesia, Rabu 9 Desember.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 klaster Pilkada Serentak 2020, selama sebulan ke depan.

Dia pun menegaskan bahwa sangat jelas ada potensi lonjakan kasus dari pesta demokrasi yang berlangsung di ratusan daerah tersebut.

“Potensi lonjakan kasus dan dampaknya umumnya terlihat jelas sebulan kemudian. Itu terjadi untuk setiap mobilisasi massa yang besar,” kata Dicky saat dihubungi Okezone, Kamis (10/11/2020). 

Dicky menerangkan, pihaknya memperkirakan setidaknya terdapat 2,4 juta orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 yang tidak terdeteksi dan terlibat dalam proses Pilkada 2020 ini. 

Baca juga: Gibran dan Bobby Unggul di Pilkada 2020, Sekjen PDIP Ungkap Komitmen Megawati

“Kedua, minimnya program testing, setidaknya 1 hari sebelumnya dengan rapid test antigen yang dilakukan sebelum proses Pilkada,” jelas dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyoroti berdasarkan informasi dari laporan, hingga pemberitaan di media tentang belum memadainya mitigasi dan pencegahan penuralan Covid-19 selama proses Pilkada Serentak 2020. 

“Dalam laporan-laporan yang saya amati di media dari lapangan, terlihat prinsip-prinsip pencegahan dan mitigasi dari interaksi manusia, kontaminasi dan paparan belum dilakukan memadai,” kata dia. 

1
2

  • #Epidemiolog
  • #pilkada serentak 2020
  • #Pilkada 2020
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Covid-19

Next Post

PDIP Tersentak! Kekalahan di Blitar Jadi Peristiwa Luar Biasa

Kam Des 10 , 2020
KEDIRI – Kekalahan pasangan petahana Kabupaten Blitar Rijanto-Marheinis Urip Widodo dalam hitung cepat mengejutkan PDI Perjuangan (PDIP). Wakil Ketua Bidang Kehormatan PDI P Jawa Timur Budi Sulistyono menyebut, kalahnya paslon petahana yang diusung PDIP di Kabupaten Blitar, sebagai peristiwa yang luar biasa.  Pasalnya, Kabupaten Blitar bagi PDIP merupakan salah satu […]