Solo () – Tim Persis Solo berhasil memenuhi ambisinya meraih tiga poin setelah menang melawan Hizbul Wathan (HW) FC Sidoharjo dengan skor 2-1 pada pertandingan putaran pertama kompetisi Grup C Liga 2 Musim 2021 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Senin malam.

Pertandingan Persis Solo menghadapi HW FC berjalan cukup seru karena kedua kesebelasan menampilkan permainan cepat untuk meraih poin penuh pada laga keempat Grup C tersebut.

Persis yang sudah bemain tiga kali yakni menang satu kali dan seri dua kali dengan nilai lima poin menempati posisi kedua pada klasemen sementara setelah PSCS Cilacap itu, tidak mau mengulangi kesalahan. Eky Taufik Febrianto dan kawan-kawan bertekad meraih poin penuh untuk mengalahkan HW FC.

Persis pada babak pertama mendapat peluang pada menit 9 melalui pemain strikernya, Alberto Goncalves Da Costa melalui sundulan kepala, namun bolanya terlalu lemah dan mampu ditangkap kiper HW FC, Ferdiansyah, sehingga belum mengubah kedudukan tetap imbang 0-0.

Persis baru bisa membuahkan gol melalui tendangan penalti menit 26. Hadiah penalti untuk Persis karena pemain depannya, Ferdinan Sinaga, dijatuhkan di dalam kotak terlarang gawang HW FC oleh pemain pelakang lawan. Alberto Goncalves mengambil eksekusi tendangan penalti dan gol mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Persis.

Persis kembali mendapat peluang pada menit 32 melalui sundulan kepala Mihtahul Hamdi, tetapi sayang bola mampu ditepis kiper HW FC, sehingga kedudukan tetap 1-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Persis mengambil inisiatif serangan dengan menaikan tempo permainan untuk menambah gol untuk timnya. Persis kembali menambah gol menit 47 melalui kaki pemain pengganti Rivaldi Bawuo. Gol Rivaldi Bawuo memanfaatkan umpan sodoran dari tengah dan tinggal berhadapan dengan kiper HW FC, dan langsung menyambar bola masuk sehingga mengubah kedudukan 2-0 untuk Persis Solo.

Persis kembali mendapat peluang menit 61 melalui sundulan kepala pemain nomor punggung 14, Mihtahul Hamdi, tetapi sayang bola dapat ditangkap kiper HW FC, Ferdiansyah yang bermain cekatan. Selamatlah gawang HW FC.

Baca juga: Persijap bermain imbang 0-0 hadapi PSCS

Namun, HW FC mampu memperkecil kekalahan pada menit 65 melalui sundulan kepada Arif Yanggi Rahman, yang memanfaatkan umpan tendangan sudut bola masuk dan tidak mampu diantisipasi kiper Persis, Wahyu Tri Nugroho, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Persis sebenarnya mendapat peluang menambah gol pada menit 80 melalui sundulan kepala yang dilakukan Ferdinan Sinaga tetapi sayang bola arahnya tipis ke samping gawang HW FC sehingga kedudukan 2-1 untuk Persis tetap bertahan hingga babak kedua usai.

Wasit yang memimpin pertandingan Persis melawan HW FC, yakni Hulman Simangusong asak DJKI Jakarta mengeluarkan dua kartu kuning untuk Ganjar Mukti (Persis) dan Hamad Maulana (HW FC).

Sementara Pelatih Persis Solo Eko Purdjianto mengatakan Persis melawan HW FC sebenarnya banyak mendapat peluang untuk mencetak gol, tetapi hanya dua gol yang berhasil ke gawang lawan.

Baca juga: Pemerintah pertimbangkan Liga 2 dihadiri penonton dengan syarat vaksin

Eko mengatakan kemenangan Persis adalah hasil kerja keras, permainan pemainnya yang terus menekan lawan. Pada babak pertama timnya sempat kalah di lini tengah, tetapi babak kedua diubah strategi dan mampu menekan lawan.

Kendati demikian, tim akan melakukan evaluasi untuk persiapan fokus dengan pertandingan selanjutnya melawan PSCS Cilacap.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021