Solo () – Persipura Jayapura berhasil memenuhi ambisinya meraih tiga poin setelah mengalahkan PSIS Semarang 2-1 dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Persipura melawan PSIS berjalan menarik dan seru karena kedua kesebelasan menampilkan permainan cepat dan saling menyerang untuk meraih poin penuh di laga terakhir putaran pertama ini.

Persipura yang menempati posisi 17 klasemen sementara dari 18 tim Liga 1 pada babak pertama dengan tempo tinggi langsung menekan pertahanan PSIS. Sehingga, Jandia Eka Putra dan kawan-kawan pada menit awal mendapat tekanan dari tim yang sering dijuluki "Mutiara Hitam" itu.

Peluang Persipura terjadi menit 11 lewat tendangan kaki Yohanes Pahabol, tetapi sayang bolanya ke samping gawang PSIS. Persipura menit 23 kembali mendapat peluang melalui Yevhen Bokhashvili, tetapi sayang bola mampun ditepis kiper Jandi Eka Putra.

Persipura kembali mendapat peluang menit 38 melalui kakai Gustavo, yang tinggal berhadapan kiper, tetapi sayang bolanya lemah dan mampu ditangkap dengan baik oleh kiper PSIS Jandi Eka Putra, sehingga belyum mengubah kedudukan masih imbang 0-0.

Sebaliknya, PSIS yang mendapat tekanan atas Persipura akhirnya bisa keluar dengan melakukan serangan balik cepat yang sering membahayakan gawang lawan.

PSIS baru mampu menjebloskan bola ke gawang Persipura menit 42 melalui sundulan kepala Aqsha Saniskara yang bekerja sama dengan Jonathan, dan bola tidak mampu diantisipasi kiperFitral Dwi Rustapa, sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk PSIS. Kedudukan 0-1 untuk PSIS ini, bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: PSS Sleman bertekad kalahkan Persipura Jayapura

Memasuki babak kedua laga Persipura lawan PSIS tetap berjalan seru karena keduanya tetap menjaga tempo permainan saling menyerang. Persipura melakukan tekanan ke pertahanan PSIS untuk menyamakan kedudukan, tetapi serangan belum mampu menembus pertahanan lawan.

Persipura baru mampu menyamakan kedudukan pada menit 53 melalui Yohanes Pahabol, setelah lepas dari jebakan off side dan tinggal berhadapan dengan kiper PSIS sehingga mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Persipura berhasil menambah gol untuk kemenangannya atas PSIS di menit 70 melalui, Gunansar Mandowen, yang melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persipura.

Hingga wasit Hamim Tohari asal Jawa Timur, meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir kedudukan tetap 2-1 untuk Persipura. Wasit pada laga itu, juga mengeluarkan lima kartu kuning untuk Fredi Saputra, Komarudin (PSIS), Irsan Rahman Lestaluhu, Muhammad Tahir, Gunansar Papua Mandowen (Persipura).

Persipura yang unggul atas PSIS mendapat tiga poin sehingga naik satu tingkat dari 17 ke 16 menggeser PS Baritu Putra, dari 17 main, 3 kali menang, 4 kali seri, 10 kali kalah dengan nilai 13 poin. Sedangkan, PSIS Semarang tetap diposisi ke-6 klasemen sementara dari 17 kali main, 7 kali menang, 6 kali seri, 4 kali kalah dengan nilai 27 poin. ***3***

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2021